Geely terbangkan satelit berikan kenyamanan berkendara secara otonom

Jakarta (ANTARA) –

Geely Holding Group kembali menambahkan jajaran portofolio mereka, yang berguna untuk memberikan kenyamanan kepada para pemilik kendaraannya dengan meluncurkan operator satelit Geespace gelombang kedua yang terdiri atas 11 satelit.

Arena Ev pada Senin mengabarkan bahwa peluncuran satelit ini dilakukan di provinsi Sichuan di Tiongkok pada 3 Februari lalu.

Perusahaan berencana untuk memiliki konstelasi 240 satelit di orbit rendah Bumi. Tahap pertama direncanakan selesai tahun depan dengan 72 satelit dan nantinya akan terdapat sekitar 168 satelit yang akan mulai online.

Baca juga: China luncurkan satelit Geely-02

Fase pertama, satelit ini akan menyediakan komunikasi data global dan setelah konstelasi selesai, Geely berharap konstelasi tersebut akan mampu memberikan posisi presisi tinggi hingga tingkat sentimeter.

Layanan ini akan sangat penting untuk para mengemudi yang memanfaatkan teknologi otonom serta konektivitas.

Dinamakan Future Mobility Constellation, jaringan satelit ini akan membantu kendaraan otonom merencanakan rutenya dengan tepat dan membantu manajemen armada kendaraan.

Baca juga: Nio bekerja sama dengan Geely dalam pertukaran baterai

Geely berpendapat bahwa penentuan posisi dengan presisi tingkat tinggi ini akan meningkatkan persepsi dan pengambilan keputusan sistem otonom sehingga menjadikannya lebih andal dalam industri tersebut.

Merek EV premium Geely, Zeekr, akan menjadi perusahaan pertama yang memanfaatkan satelit baru ini, karena Zeekr 001 FR , Zeekr 007 , dan Galaxy E8 sudah memiliki komunikasi satelit.

Tidak hanya itu, Volvo, Polestar, dan Smart yang juga menggunakan platform sama, mereka akan dapat menggunakan layanan baru ini di masa mendatang.

Baca juga: Geely awali tahun 2023 dengan hadirkan sedan listrik

Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024

Credit: Source link