Goodyear gandeng Gatik hadirkan teknologi terkini pada ban

Jakarta (ANTARA) – Pengaruh teknologi yang semakin berkembang tidak hanya terjadi di dalam kendaraan saja, komponen ban juga semakin penting untuk diasupi teknologi untuk menjamin keselamatan pengendara seperti yang dilakukan oleh Goodyear bersama dengan Gatik

Goodyear dan Gatik telah berhasil menghadirkan konsep, bahwa ban pintar yang ditenagai oleh teknologi Goodyear SightLine dapat secara akurat memperkirakan potensi gesekan ban-jalan dan memberikan informasi real-time kepada sistem penggerak otomatis (ADS) dari Gatik.

Senior Vice President, Global Operations and Chief Technology Goodyear, Chris Helsel mengatakan bahwa ban adalah satu-satunya bagian dari kendaraan yang menyentuh tanah, dan tingkat kecanggihan data yang baru ini dapat mengkomunikasikan informasi penting ke kendaraan, meningkatkan keselamatan dan kinerja.

Baca juga: Goodyear buat ban dengan 70 persen bahan berkelanjutan

“Ini adalah langkah untuk mengembangkan ban agar tidak hanya memberikan kegunaan intinya, tetapi juga menjadi penghubung data dan informasi baru,” tutup Chris dalam keterangan resminya, Sabtu.

Dia menjelaskan bahwa temuan ini kemudian memperluas fungsi ban mulai dari pengumpulan data penting yang dapat membantu meningkatkan keamanan dan performa kendaraan hingga meningkatkan efisiensi dan nilai bagi pelanggan Gatik di pasar jarak pendek B2B.

Uji coba yang dilakukan di Kanada, Goodyear dan Gatik menguji seberapa hebat sensor tersebut mendeteksi gesekan jalan dengan metoda pengukuran berkelanjutan. Sensor dipasangkan dengan data kendaraan lain dan terhubung ke algoritme milik Goodyear berbasis cloud untuk mengoptimalkan kinerja kendaraan.

Dengan teknologi estimasi friksi SightLine Goodyear, sensor berhasil mendeteksi kondisi cengkeraman rendah, seperti kondisi bersalju atau dingin, dan membuat informasi ini tersedia untuk armada otonom Gatik, sehingga meningkatkan keselamatan dan kinerja kendaraan operasi komersial Gatik di iklim musim dingin yang menantang di Kanada.

Pada kendaraan logistik otonom, informasi data gesekan jalan dari ban akan membantu pengawasan perjalanan yang lebih mulus, lebih aman, dan berkelanjutan. Selain itu data tersebut juga diperlukan untuk pemilihan jalur berkendara, kecepatan, dan akselerasi kendaraan dengan mempertimbangkan jarak antara kendaraan lainnya.

Untuk itu, diperkirakan bahwa tahun ini Goodyear akan menerapkan teknologi Goodyear SightLine pada kendaraan OE tertentu yang membawa perangkat ini langsung ke pasar mobilitas saat ini.

Baca juga: Goodyear setujui penarikan 173.000 ban bermasalah tapak

Baca juga: Goodyear “recall” 173.000 ban setelah mendapat tekanan regulator AS

Baca juga: Goodyear rilis ban baru untuk kendaraan truk ringan

Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023

Credit: Source link