Gotong Royong Kunci Menghadapi Pandemi Covid-19

Gotong Royong Kunci Menghadapi Pandemi Covid-19

JawaPos.com – Pemerintah melalui Satgas Penanganan Covid-19 meminta semua pihak beegandengan melawan pandemi Covid-19. Kolaborasi yang erat antara pemerintah, media, swasta, akademisi dan masyarakat sangat dibutuhkan dalam momentum seperti sekarang.

“Terdapat 9 aksi strategis yang terus dilakukan pemerintah selama pandemi Covid-19 berlangsung,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito.

Aksi strategis itu yakni, pertama koordinasi, perencanaan dan pemantauan. Kedua, komunikasi risiko dan pelibatan masyarakat. Ketiga, surveilans tim gerak cepat dan investigasi kasus Covid-19. Keempat, pengaturan mobilitas pintu masuk transportasi internasional dan Pembahasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Kelima, pengembangan laboratorium nasional. Keenam, pencegahan dan pengendalian infeksi. Ketujuh, menyusun dan melaksanakan tata laksana kasus Covid-19. Kedelapan, memberikan dukungan operasional dan logistik ke seluruh daerah. Kesembilan, mempertahankan sistem pelayanan kesehatan yang esensial.

Dalam pelaksanaan upaya aksi strategis tersebut, partisipasi kementerian/lembaga terus diikutsertakan. Indonesia sebelum terjadinya pandemi Covid-19, sudah mempersiapkan kerangka koordinasi dalam mitigasi penyakit infeksi baru atau emerging infectious disease, dimana Covid-19 termasuk dalam kategori tersebut.

Hal ini telah tertuang dalam Inpres (Instruksi Presiden) Nomor 4 Tahun 2019 tentang Peningkatan Kemampuan Dalam Mencegah, Mendeteksi, Merespon Wabah Penyakit Pandemi Global dan Kedaruratan Nuklir, Biologi dan Kimia. “Di mana disebutkan pembagian tugas sesuai keahlian dan kapasitas masing-masing,” imbuh Wiku.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Sabik Aji Taufan


Credit: Source link

Related Articles