Guru Penggerak Memang Ditujukan untuk Cetak Pemimpin Pendidikan

by

in

JawaPos.com – Pelatihan untuk program Guru Penggerak Angkatan 1 telah selesai dilaksanakan. Adapun sebanyak 2.390 guru berhasil lolos dalam program tersebut.

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Iwan Syahril pun menyampaikan selamat atas kelolosan para guru. Kata dia, program ini diperuntukan untuk mencetak para pemimpin pendidikan.

“Sejak diluncurkannya merdeka belajar episode kelima Guru Penggerak di bulan Juli 2020, tujuan program ini adalah untuk mencetak pada pemimpin-pemimpin pembelajaran, generasi baru kepemimpinan pendidikan di Indonesia,” ungkap dia dalam Penutupan Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 1 secara daring, Rabu (15/9).

Hal ini juga sejalan dengan filosofi dari Ki Hadjar Dewantara, yakin untuk menghidupkan kembali pemikiran-pemikiran pendidikan Indonesia. Dengan ini diyakini dapat membangun ruang pendidikan didalam kelas.

“Membangun ekosistem pendidikan yang merdeka belajar dan selalu berpihak kepada murid,” ujar dia.

Kata dia, pengalaman yang didapat para guru dipelatihan ini memang tidak mudah, tapi hal itu tentu baik juga bisa untuk mereka. Sebab, dapat meningkatkan kualitas mereka.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Saifan Zaking


Credit: Source link