Hadir di Indonesia, Mukena Asal Malaysia Tonjolkan Desain Klasik

JawaPos.com – Mukena atau yang sering dikenal sebagai alat ibadah muslimah kini hadir dengan ragam desain dan warna. Bahkan tak jarang mukena tampil dengan desain yang klasik tapi mewah.

Lantas, kenapa mukena harus tetap tampil indah, modern namun tetap sesuai syariat?

Dikatakan Pendiri Mukena Siti Khadijah asal Malaysia, Padzilah Enda Sulaiman, pakaian yang bagus dan indah bukan hanya sebatas digunakan saat bepergian atau pesta. Tapi saat beribadah pun sudah seharusnya tampil dengan pakaian yang bagus dan nyaman. Termasuk mukena.

Untuk itu, desain mukena yang kekinian diperlukan. Tak semata-mata gaya saat beribadah tapi juga meninggikan nilai mukena. Tentunya dengan tetap mempertahankan warisan budaya yang luar biasa nilainya.

“Mukena merupakan hasil pemikiran dan penelitian yang sangat brilian pada saat itu. Mukena Siti Khadijah berusaha mempertahankan warisan budaya mukena yang keindahannya sangat luar biasa nilainya. Kami ingin menaikkan nilai Mukena ke tingkat yang lebih tinggi,” ujar Padzilah Enda Sulaiman pada wartawan, Jumat (18/9).

Sehingga, ungkap Padzilah, dalam mendesain mukana tidak sembarangan. Dalam pengembangannya, mukena didesain dalam model Harmoni dan Klasik. Jika dilihat, mukena yang ditampilkan tidak terlalu berlebihan namun tetap elegan. Keduanya berbahan katun, strech, dan ada karet lycra di bagian dagu. Ini lah kelebihan dan keunikan mukena Siti Khadijah.

Jika dilihat lebih dekat, pada bagian kepala mukena terlihat detail bordir. Bordiran juga terlihat pada bagian bawah mukena. Untuk pemilihan warna pun beragam. Mulai dari hitam, cokelat, ungu hingga warna-warna teduh. Namun warna putih khas mukena tetap ada.

Saat ini, Siti Khadijah telah memiliki total 4 Butik di Indonesia. Bahkan, sempat berkolaborasi dengan desainer modest wear kenamaan Indonesia, Ria Miranda. Kolaborasinya tersebut menciptakan mukena khusus menggunakan pattern yang menjadi ciri khas Ria Miranda.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Nurul Adriyana Salbiah


Credit: Source link