Harga Minyak Dunia Anjlok 4 Persen Ditekan Permintaan Rendah Tiongkok

JawaPos.com – Harga minyak jatuh 4 persen dalam perdagangan yang bergejolak pada hari Selasa, ditekan oleh data permintaan yang lemah dari Tiongkok imbas prospek ekonomi yang suram dan dolar Amerika Serikat (AS) yang lebih kuat.

Mengutip Reuters, harga minyak mentah dunia Brent berjangka untuk pengiriman Maret turun USD 3,81 atau 4,4 persen menjadi USD 82,10 per barel. Harga tersebut tercatat penurunan harian terbesar dalam lebih dari tiga bulan.

Sementara itu, minyak mentah AS turun USD 3,33 menjadi USD 76,93 per barel dengan kerugian 4,1 persen. Harga tersebut tercatat sebagai penurunan terbesar dalam lebih dari sebulan.

“Ada banyak alasan untuk kekhawatiran akan situasi Covid-19 Tiongkok dan ketakutan akan resesi di masa mendatang memberikan tekanan pada pasar,” kata analis Mizuho Robert Yawger.

Untuk diketahui, pemerintah Tiongkok menaikkan kuota ekspor untuk produk minyak sulingan pada gelombang pertama untuk tahun 2023. Pedagang mengaitkan peningkatan tersebut dengan ekspektasi permintaan domestik yang buruk karena importir minyak mentah terbesar dunia terus berjuang melawan gelombang infeksi.

Menambah prospek ekonomi yang suram, Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva pada hari Minggu mengatakan ekonomi Amerika Serikat, Eropa dan Tiongkok, semuanya melambat secara bersamaan, membuat tahun 2023 lebih sulit dari tahun 2022 untuk ekonomi global .

Dolar membukukan kenaikan satu hari terbesar dalam lebih dari 2 minggu. Dolar yang lebih kuat dapat mengurangi permintaan minyak karena komoditas berdenominasi dolar menjadi lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya.

Pada hari Rabu, pasar akan menelusuri risalah pertemuan kebijakan Desember Fed AS. The Fed menaikkan suku bunga sebesar 50 basis poin (bps) pada bulan Desember setelah empat kenaikan berturut-turut masing-masing sebesar 75 bps.

Stok minyak di pusat penyimpanan Cushing naik sekitar 176.000 barel menjadi 28,6 juta barel dalam sepekan hingga 30 Desember, kata seorang pialang, mengutip data Genscape.

Stok minyak mentah diperkirakan naik 2,2 juta minggu lalu, sebuah jajak pendapat Reuters awal menunjukkan pada hari Selasa.

Namun di sisi pasokan, pemerintah AS merilis 2,7 juta barel minyak dari Cadangan Minyak Strategis minggu lalu, sementara kilang Pascagoula, Mississippi, perusahaan minyak utama Chevron Corp (CVX.N) akan menerima kargo pertama minyak mentah Venezuela di hampir 4 tahun, menurut dokumen pengapalan yang dilihat Reuters pada Selasa.

Commerzbank memperkirakan prospek ekonomi global memainkan “peran yang jauh lebih penting” dalam perkembangan harga minyak daripada keputusan produksi yang diambil oleh Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutunya, sebuah kelompok yang secara kolektif dikenal sebagai OPEC+.

Bank mengharapkan tanda-tanda pemulihan ekonomi “di bidang ekonomi utama” untuk mendorong Brent kembali ke USD 100 per barel yang diproyeksi dapat terjadi mulai kuartal kedua tahun ini dan seterusnya.

 

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : R. Nurul Fitriana Putri


Credit: Source link