Harga Naik, Satgas Pangan Pastikan Stok Aman

JawaPos.com – Satgas Pangan Polri turut mendalami harga sejumlah bahan pangan seperti minyak goreng, telur ayam, dan cabai menjelang Natal dan tahun baru. Meski terjadi kenaikan harga, satgas memastikan ketersediaannya aman.

Kasatgas Pangan Brigjen Whisnu Hermawan menyatakan bahwa stok bahan pangan masih sangat mencukupi untuk beberapa waktu ke depan. ”Satgas pangan di pusat dan daerah berkoordinasi dengan pemangku kebijakan terkait stok pangan,’’ katanya kemarin (28/12).

Untuk memastikan setiap penyebab kenaikan harga bahan pangan, satgas pangan menugaskan tim monitoring ke daerah.

”Setiap daerah yang bahan pangannya naik pasti dicek,’’ ujarnya.

Berdasar pendalaman, kenaikan harga sejumlah komoditas pangan itu dipengaruhi beberapa faktor. Mulai kenaikan harga bahan baku hingga dampak bencana alam. Kenaikan harga minyak goreng, misalnya, disebabkan crude palm oil (CPO) dunia yang juga melonjak. ”Bahan baku naik, minyak goreng naik juga,’’ terangnya.

Untuk kenaikan harga cabai rawit, kata dia, ada kombinasi gagal panen akibat curah hujan yang tinggi dan dampak bencana seperti erupsi Gunung Semeru. Faktor alam tersebut membuat produksi cabai di berbagai daerah sentra mengalami penurunan. ”Saat pasokannya turun, harganya naik,’’ katanya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : idr/lum/c6/fal


Credit: Source link