Honda rayakan 10 tahun eksistensi Brio di Indonesia

PT Honda Prospect Motor (HPM) menggelar perayaan 10 tahun eksistensi Honda Brio di pasar otomotif Indonesia di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang Selatan, Rabu.

Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM, Yusak Billy mengatakan, Honda Brio menjadi model terpenting bagi Honda karena merupakan mobil nasionalis kebanggaan Indonesia, dan banyak memberikan kontribusi untuk mendukung industri otomotif dan ekonomi secara umum melalui investasi dan aktivitas ekspor.

Tak hanya itu, kesuksesan Honda Brio juga memungkinkan Honda untuk mengembangkan model-model lain yang khusus dirancang bagi konsumen di Indonesia.

Baca juga: Brio dominasi penjualan Honda di awal tahun 2022

“Karena itu, kami menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya untuk seluruh konsumen Honda Brio, dan kami berkomitmen untuk terus menghadirkan produk-produk yang berkualitas untuk Indonesia,” ungkap Yusak Billy pada saat perayaan Honda Brio, Rabu.

Melihat sejarah ke belakang, Honda Brio hadir pertama kali di Indonesia pada 2012 sebagai mobil city car terbaru dari Honda. Honda Brio sebelumnya hadir lebih dulu di India dan juga Thailand dan telah diterima baik oleh konsumen di masing-masing negara.

Di Indonesia, Honda Brio hadir di Indonesia sebagai first entry model yang menyasar segmen anak-anak muda dan pembeli mobil pertama. Menawarkan berbagai keunggulan seperti desain yang stylish, tenaga terbesar di kelasnya, hingga fitur keamanan yang lebih lengkap, Honda Brio langsung disambut baik oleh konsumen saat itu.

Dalam kurun waktu lima bulan saja sejak diluncurkan, Honda Brio langsung terjual lebih dari 8 ribu unit di Indonesia, dan bahkan tercatat sebagai city car terlaris di tahun 2012.

Baca juga: Brio, HR-V dan BR-V andalan penjualan Honda selama April

Pada tahun 2013, PT HPM mengadopsi model Honda Brio untuk mengikuti program Low Cost Green Car (LCGC) yang dikeluarkan pemerintah Indonesia melalui Peraturan Menteri Perindustrian no.33/2013 tentang “Pengembangan Produksi KBH2”.

“Sejalan dengan peraturan tersebut, Honda berusaha untuk mengembangkan sebuah model yang memenuhi regulasi LCGC dengan tetap mempertahankan berbagai keunggulan Honda Brio,” kata dia.

Selain itu, Honda juga mengumumkan komitmen jangka panjangnya untuk melakukan investasi serta lokalisasi untuk model Honda Brio dengan nilai total investasi mencapai Rp1,2 triliun dan dilanjutkan dengan investasi untuk pengembangan model di masa mendatang sebesar Rp5,1 triliun.

Baca juga: Brio dan BR-V mobil terlaris Honda selama Februari 2022

Untuk melanjutkan kesuksesannya, pada 2021 HPM kembali memperkenalkan varian terbaru dari Honda Brio yaitu Urbanite Edition, dengan tampilan yang lebih sporty dan stylish. Penyegaran terbaru untuk Honda kembali hadir di tahun ini melalui Brio RS Urbanite Edition generasi kedua yang menampilkan penambahan New Tailgate Wing Spoiler, New Matte Black Alloy Wheels Design.

Pada tahun 2022, atau sepuluh tahun sejak pertama kali diluncurkan, Honda Brio terus mencatat disambut baik oleh konsumen, dan tercatat sebagai mobil dengan penjualan tertinggi di Indonesia pada semester pertama di tahun ini.

“Sejak pertama kali diluncurkan di Indonesia pada tahun 2012 hingga saat ini, total penjualan Honda Brio tercatat sebanyak 453.253 unit, menjadikannya model City Car dengan penjualan tertinggi di Indonesia,” tutup dia.

Credit: Source link