Hyundai Creta vs All New Honda HR-V, siapa lebih unggul?

Hyundai Creta vs All New Honda HR-V, siapa lebih unggul?
Jakarta (ANTARA) – PT Hyundai Motor Indonesia pada akhir 2021 resmi meluncurkan Hyundai Creta yang pada awal-awal kehadirannya mampu menarik pemesanan sebanyak 1.700 unit.

Namun tak berselang lama, muncul Honda HR-V di segmen sport utility vehicle (SUV) compact lima penumpang yang ternyata dipesan 1.256 unit dalam satu hari setelah peluncuran.

Kehadiran Honda HR-V dinilai bisa menjadi “ancaman”, bukan hanya untuk Creta, namun juga produk lain di segmen yang beririsan.

Baca juga: Pesona deretan mobil baru di IIMS Hybrid 2022, ini daftarnya

Baca juga: Hyundai kenalkan mobil listrik Ioniq 5 buatan pabrik Cikarang

Dimensi, fitur dan teknologi

 

All New Honda HR-V (ANTARA/Chairul Rohman)

Mengisi pasar SUV 5-seater, Hyundai Creta hadir dengan memiliki dimensi panjang 4.315 mm, lebar 1.790 mm dan tinggi 1.630 mm serta memiliki sumbu roda sejauh 2.610 mm dan mobil ini hadir dengan ground clearence setinggi 200 mm. Berbeda tipis, All New HR-V hadir dalam dimensi panjang 4.330 mm, lebar 1.790 mm dan tinggi 1.590 mm dengan jarak sumbu roda mencapai 2.610 mm.

Selain dimensi yang dihadirkan, tidak kalah pentingnya adalah fitur-fitur dan teknologi yang diandalkan. Honda dengan Sensing-nya, dan Hyundai dengan fitur Bluelink.

Berbicara Hyundai Bluelink, Hyundai Creta salah satu kendaraan yang sudah menerima teknologi Bluelink yang merupakan inovasi Connected Car Service. Bluelink dapat dimanfaatkan pemilik Hyundai Creta untuk mencapai lokasi parkir dengan menyalakan lampu dan klakson menggunakan fitur Remote Horn & Light Control.

Yang lebih canggih lagi, fitur ini juga bisa mencegah adanya pencurian. Cara kerjanya dengan mengirimkan notifikasi melalui ponsel pintar jika ada orang yang tidak berkepentingan memasuki Hyundai Creta melalui fitur Stolen Vehicle Notification.

Sedangkan untuk tampilan luar, Hyundai Creta dihiasi fitur LED multireflektor dengan DRL LED tipe hidden yang tersemat melalui desain parametric jewel grille. Hyudnai Creta juga dibekali shark fin antenna, high mount stop lamp dengan rear spoiler serta lampu belakang LED.

Sedangkan, penantang Creta hadir dengan tampilan luar yang lebih segar dari model sebelumnya, yakni headlamp LED dan DRL (Daytime Running Light) serta lampu LED tiga dimensi pada bagian belakang. Terdapat LED pada lampu sign dan foglamp. Pada varian SE, Honda sudah memberikan fitur auto foldable door mirror, rear parking camera, shark fin antenna, dan Smart Entry System.

Setelah puas menelisik bagian luar dari kedua kendaraan ini, kita berlanjut memasuki ruang kabin dari kendaraan yang dibanderol Rp399,9 juta untuk All New Honda HR-V varian SE, sedangkan Hyundai Creta Prime dibanderol Rp399 juta.

Pada bagian dalam, Hyundai Creta menghadirkan 10,25 inci cluster instrumen yang sudah full TFT LCD untuk memberikan segala informasi. Mobil ini dibekali dengan head unit yang berukuran 8 inci. Hyundai juga sudah menghadirkan sound system Bose dan 8 unit speaker di dalam kabin. Head unit dapat tersambung dengan smartphone yang nantinya akan menyambung ke fitur voice command, serta Bluelink sebagai fitur keselamatan.

Hyundai Creta varian Prime dibaluti dengan jok berbahan kulit, cooling glove box, tilt telescopic, air purifier, wireless charger, ambient lamp pada kabin, push start button, audio steering switch serta cruise control sebagai fitur standar.

Sedangkan All New Honda HR-V memiliki ragam fitur seperti layar TFT Meter Cluster ukuran 4.2 inci, layar head unit 7 inci dengan kapasitif kemampuan memutar beragam format hiburan, sambungan smartphone, voice command dan masih banyak lagi.

Mobil itu hadir tiga mode berkendara yang dapat disesuaikan oleh para penggunanya, lalu ada juga audio steering switch, lingkar kemudi dengan balutan kulit, serta kehadiran panoramic glass roof, eco assist dan juga cruise control.

 

Hyundai Creta (ANTARA/Chairul Rohman)

Sistem keselamatan

Beralih pada ruang keselamatan, dua SUV itu mengklaim sudah menghadirkan segudang fitur keselamatan untuk memberikan kesan yang aman dan nyaman selama para konsumen menggunakan. Hyundai Creta membawa fitur keselamatan anti-lock braking system, electronic stability control, brake assistant control, vehicle stability management, hill start assist control.

Selain itu hadir juga emergency stop signal dan speed sensing auto door lock. Ada juga impact sensing auto door unlock, child protector rear door lock, kamera belakang, tire pressure monitoring system, airbags enam buah di depan dan bagian samping. Masih ada fitur immobilizer, rear occupant alert dan burglar alarm.

Fitur terbaru dari Hyundai, yakni Hyundai SmartSense juga sudah hadir pada kendaraan ini. Mobil ini juga memiliki fitur high beam assist, forward collision avoidance assist, manual speed limit assist, lane keeping assist, lane following assist.

Creta varian Prime dibekali driver attention warning, driver rear view monitor, blind spot collision avoidance assist, safe exit warning dan rear cross traffic collision avoidance assist.

Sedangkan All New Honda HR-V hadir dengan teknologi keselamatan Honda Sensing pada semua varian, meliputi Collision Mitigation Braking SystemTM (CMBSTM), Lane Keeping Assist System (LKAS). Terdapat juga Road Departure Mitigation System (RDM), Adaptive Cruise Control (ACC) dengan Low SpeedFollow, Auto-High Beam, dan Lead Car Departure Notification System (LCDN).

Honda melibatkan fitur keselamatan LaneWatchTM, empat Airbag, struktur rangka G-CON + ACETM dengan Side Impact Beam, teknologi pengereman ABS + EBD + BA, Hill Start Assist, Hill Descent Control, Vehicle Stability Assist, Electric Parking Brake, Auto Brake Hold, Emergency Stop Signal, serta pengingat sabuk pengaman untuk setiap baris kursi.

Mesin

Urusan dapur pacu, Creta hadir dengan mesin Smartstream G1.5 MPi inline 4 silinder 1.497 cc yang sanggup menghasilkan tenaga sebesar 113 hp pada putaran 6.300 rpm dengan torsi mencapai 143,8 Nm pada putaran 4.500 rpm.

Ada empat mode berkendara yaitu Eco, Comfort, Smart dan Sport. Teknologi IVT juga memungkinkan Hyundai CRETA mencapai tenaga maksimal hingga 115 ps/6.300 rpm dengan torsi maksimal hingga 143,8 Nm/4.500 rpm.

All New Honda HR-V membawa mesin 1.498 cc DOHC 4 silinder segaris i-VTEC + DBW (drive-by-wire). Mesin ini menurut catatan dapat menghasilkan tenaga sebesar 118 hp pada putaran 6.600 rpm dan torsi maksimal mencapai 145 Nm pada putaran 4.300 rpm.

Harga

Hyundai CRETA Active MT 6-speed dibanderol Rp279 juta

Hyundai CRETA Trend MT 6-speed Rp299 juta

Hyundai CRETA Trend IVT Rp319 juta

Hyundai CRETA Style IVT Rp359 juta

Hyundai CRETA Prime IVT Rp397,5 juta

Hyundai CRETA Prime IVT Two Tone Roof Rp399 juta.

All New Honda HR-V hadir dalam empat varian

All New Honda HR-V 1.5L S CVT Rp355,9 juta

All New Honda HR-V 1.5L E CVT Rp 379,9 juta

All New Honda HR-V  1.5L SE CVT Rp399,9 juta

 All New Honda HR-V 1.5L Turbo RS Rp499,9 juta.

Baca juga: Honda suguhkan film “Sepanjang Jalan” beri apresiasi ke pengguna setia

Baca juga: Honda pamerkan “lineup” lengkap termasuk All New Honda HR-V di IIMS

Baca juga: Creta jadi andalan Hyundai awal tahun ini

 

Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022

Credit: Source link

Related Articles