Hyundai dapat kucuran 3,5 juta dolar dari US EPA

Jakarta (ANTARA) – Produsen otomotif Korea Hyundai Motor Company mendapatkan kucuran dana 3,5 miliar dolar dari Badan Perlindungan Lingkungan AS (US EPA) untuk menyediakan truk listrik sel bahan bakar XCIENT di California.

“Kami senang untuk menyebarkan truk Sel Bahan Bakar XCIENT kami di California, terutama karena ini akan membantu pemangku kepentingan lokal untuk mendekarbonisasi rantai pasokan hidrogen itu sendiri dengan mengganti truk konvensional, yang telah digunakan untuk mengangkut hidrogen, menjadi truk hidrogen,” kata Wakil Presiden Senior dan Kepala Inovasi Bisnis Kendaraan Komersil Hyundai, Mark Freymueller, dalam pernyataan resmi baru-baru ini.

First Element Fuel (FEF), operator stasiun pengisian bahan bakar hidrogen terbesar di AS, akan mengerahkan truk tugas berat Kelas-8 untuk mengirimkan hidrogen cair ke stasiun pengisian bahan bakar mereka selama lima tahun ke depan, termasuk satu tahun demonstrasi dengan tugas pelaporan untuk US EPA dan empat tahun operasi komersial.

Baca juga: Hyundai dan Iveco perkenalkan kendaraan hidrogen

Proyek ini dipimpin oleh South Coast Air Quality Management District (South Coast AQMD), yang mengajukan permohonan pendanaan Targeted Airshed Grant (TAG).

Setelah peninjauan yang cermat, EPA AS memilih aplikasi South Coast AQMD, yang meminta lima truk listrik sel bahan bakar yang dipasok oleh Hyundai Motor dan pengoperasian stasiun pengisian bahan bakar oleh FEF di California.

“Di sinilah perubahan dimulai. Mengurangi polusi dari truk heavy-duty dan peralatan konstruksi membawa kita lebih dekat ke udara bersih yang layak didapatkan masyarakat kita,” kata Wayne Nastri, Pejabat Eksekutif South Coast AQMD.

Program TAG EPA bertujuan untuk mengurangi polusi udara di wilayah negara dengan tingkat polusi ozon ambien dan partikel halus (PM2.5) tertinggi. Fokus program TAG adalah memberikan bantuan pendanaan untuk proyek-proyek seperti pengurangan emisi dari sumber emisi prioritas dan meningkatkan emisi ozon.

Di bawah program TAG, lembaga pengendalian polusi udara negara bagian dan lokal yang memenuhi syarat harus langsung mendaftar ke EPA AS, tetapi dapat memilih mitra untuk konsorsium proyek.

Untuk program TAG 2021, Hyundai Motor bermitra dengan South Coast AQMD dan FEF untuk mengembangkan aplikasi TAG untuk mendukung penggantian truk pengangkut hidrogen bertenaga diesel FEF dengan kendaraan listrik sel bahan bakar.

Setelah terpilih sebagai pemasok truk untuk proyek TAG ini, Hyundai Motor berharap dapat mendemonstrasikan teknologi truk tugas berat listrik sel bahan bakarnya dalam operasi transportasi jarak jauh.

Pemilihan proyek demonstrasi Sel Bahan Bakar XCIENT oleh EPA diakui manfaat pengurangan emisi yang signifikan dari teknologi truk listrik sel bahan bakar Hyundai Motor.

Model traktor XCIENT Fuel Cell 6×4 yang berpartisipasi dalam demonstrasi ini dilengkapi dengan sistem sel bahan bakar 180 kW dan e-motor dengan output maksimum 350 kW.

Tangki hidrogen traktor dapat menampung 67 kg hidrogen dengan baterai yang menyediakan 72 kWh untuk berat gabungan kotor 37.200 kg untuk menghasilkan jangkauan rata-rata lebih dari 450 mil per tangki.

Baca juga: Konsep trailer hidrogen Hyundai raih penghargaan Red Dot Design

Baca juga: Melihat motor listrik Hyundai yang akan wara wiri di KTT G20 Bali

Baca juga: Ioniq 5 dinobatkan salah satu dari 10 sistem mesin terbaik di Wards

Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022

Credit: Source link