Hyundai Motor janji akan investasi Rp17 triliun di Brazil pada 2032

Jakarta (ANTARA) – Kepala Hyundai Motor Co., Euisun Chung baru-baru ini mengunjungi Brazil dan berjanji untuk berinvestasi sebesar 1,1 miliar dolar AS (Rp17 triliun) di negara itu pada 2032, menurut keterangan perusahaan tersebut, Jumat (23/2).

Selama kunjungan kehormatan kepada Presiden Brazil Luiz Inacio Lula da Silva di Brasilia pada Kamis (22/2), Euisun Chung, yang merupakan ketua eksekutif Hyundai Motor Group, mengatakan unit Hyundai di Brazil dan mitra lokalnya akan menginvestasikan Rp17 triliun di bidang teknologi ramah lingkungan dan masa depan pada 2032.

Chung menjelaskan kepada Lula strategi elektrifikasi Hyundai yang meliputi kendaraan listrik dan kendaraan hidrogen guna mencapai nol emisi karbon.

Dia menekankan energi hidrogen sebagai alat utama untuk mengatasi perubahan iklim dan sumber daya penting yang melengkapi upaya elektrifikasi.

Baca juga: Hyundai Motor Group janjikan inovasi elektrifikasi kendaraan di 2024

Hyundai Motor telah mengoperasikan pabrik di Piracicaba di negara bagian Sao Paulo, Brazil sejak November 2012. Pabrik ini berfungsi sebagai satu-satunya basis manufaktur Hyundai di wilayah Amerika Tengah dan Selatan.

Menurut pihak perusahaan, Chung mengucapkan terima kasih atas minat dan dukungan pemerintah Brazil yang terus berlanjut terhadap operasional Hyundai Motor di Brazil dan memperkenalkan berbagai upaya perusahaan untuk karyawan dan masyarakat setempat.

Dia juga menyatakan kesadarannya terhadap upaya pemerintah Brazil untuk mengembangkan sumber energi ramah lingkungan sebagai bagian dari kebijakan bebas karbon dan menekankan bahwa Hyundai bersedia berkontribusi terhadap upaya tersebut di Brazil.

Baca juga: Hyundai – UCL bermitra teliti hidrogen dan elektrifikasi

Brazil telah menerapkan kebijakan ramah lingkungan yang beragam dengan tujuan mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 50 persen dibandingkan dengan tingkat tahun 2005 pada 2030, dalam rangka mencapai netralitas karbon pada 2050.

Chung juga menjelaskan upaya Hyundai Motor di bidang mobilitas udara canggih dan reaktor modular kecil serta menyatakan harapannya untuk berkolaborasi di bidang ini dengan Brazil.

Hyundai Motor mengatakan grupnya sedang memperluas jaringan hidrogen globalnya ke Amerika Tengah dan Selatan, dengan Brazil sebagai yang terdepan. Tahun lalu, mereka mendirikan unit khusus untuk proyek hidrogen di Amerika Tengah dan Selatan di Brazil. Demikian disiarkan Yonhap, Jumat (23/2).

Baca juga: Hyundai Motor perkenalkan prototipe taksi udara baru pada CES 2024

Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024

Credit: Source link