Idap Kanker Payudara, Nunung Menangis, Mengaku Tak Marah dan Ikhlas

JawaPos.com – Kabar kurang menyenangkan datang dari komedian Tri Retno Prayudati alias Nunung yang mengidap kanker payudara. Penyakit tersebut berawal dari benjolan kecil yang tumbuh setahun terakhir. Nunung mengaku sempat tak mau ambil pusing soal benjolan itu, karena awalnya tak menggangu, namun lama kelamaan mulai merasakan sakit.

“Awalnya enggak apa-apa, cuma ada benjolan kecil, aku kira enggak ada apa-apa. Aku sudah mikir ‘jangan-jangan’ tapi aku buang jauh-jauh pikiran itu. Karena selama ini enggak ganggu ya sudah. Tapi lama-lama makin besar,” ujar Nunung di acara Brownis TransTV, Kamis (2/2), seperti dilansir Pojoksatu.id (Jawa Pos Group).

Nunung mulai merasakan sakit di bagian ketiaknya hingga memeriksakan kesehatan ke dokter. “Sering aku raba (benjolan) setiap bangun tidur, tiba-tiba di sini (ketiak) sakit, setiap bawa tas sakit, enggak kuat,” jelasnya.

Saat itu, pikirannya mulai mengarah ke kanker payudara karena ternyata penyakit kanker diderita orang tua serta kakaknya. “Di keluargaku ada genetik, dari bapak, ibu, kakak, semua kena kanker. Lama-lama keluarga pada tahu disuruh periksa,” sebutnya.

Dokter memeriksa benjolan itu dan hasilnya potensi kanker payudara ganas sangat besar. “Dokter pegang, diraba, ini kayak ada mengarah ke sana. Di USG sama momografi, memang benar mengarah ke kanker ganas,” jelas Nunung.

Pemeriksaan lanjutan telah dilakukan Nunung seperti biopsi, pengambilan sampel, foto paru-paru untuk memastikan. “Hari Sabtu nanti dikasih tahu (hasilnya),” sambung Nunung.

Kesedihan Nunung memuncak karena sakitnya ini, dia harus berpisah dari anak-anak dan cucunya yang kembali ke Solo, agar dirinya fokus pengobatan sekaligus menghemat biaya. Apalagi, dia ternyata sudah punya penyakit lainnya yang butuh pengobatan rutin dan tentu biaya yang tidak sedikit terlebih untuk kanker payudara itu.

“Kan sebelum didiagnosis (kanker payudara) aku juga sedang konsern ke penyakit yang lain. Tiap minggu, tiap bulan harus cek dokter, cek darah, aku harus minum obat. Aku lagi konsern sama itu, itu aja aku sudah stress, tiba-tiba dikasih penyakit lagi,” bebernya.

Kondisi ini membuatnya sedih, namun berusaha menerima takdir Ilahi. “Aku enggak marah aku ikhlas ya Allah. Kalau saya sedih saya nangis manusiawi,” tegasnya.

Nunung mengatakan ketakutan terbesarnya saat ini soal kanker payudaranya adalah ketika harus menjalani operasi dan kemoterapi. “Dalam pikiranku operasi, kemo, pada saat itu ketakutanku,” pungkas Nunung.


Credit: Source link