Idul Adha 1441 H, ASDP Prediksi Trafik Penyeberangan Naik 30 Persen

by

in
Idul Adha 1441 H, ASDP Prediksi Trafik Penyeberangan Naik 30 Persen

Pelabuhan penyeberangan Padangbai, Karangasem, Bali.

JAKARTA, Jurnas.com –  PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) memprediksi akan terjadi kenaikan trafik penyeberangan sebesar 30 persen selama momen Hari Raya Idul Adha 1441 yang jatuh pada Jumat (31/7/2020) mendatang.

“Hari Raya Idul Adha bertepatan dengan long weekend. Diperkirakan akan terjadi kenaikan trafik hingga 30 persen dibanding hari normal. Prediksinya, akan terjadi peningkatan signifikan pada kendaraan Roda Dua, kurang lebih 2.800 unit khususnya di 4 pelabuhan utama,”  kata Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi, dalam  press conference virtual di Jakarta, Rabu (29/7/2020).

Dengan asumsi kenaikan trafik 30 persen dibanding hari normal akibat pandemi Covid-19, dipastikan kapasitas muatan kapal yang terpasang memadai, sekitar 44,75 persen, khususnya di empat pelabuhan utama Merak, Bakauheni, Ketapang, dan Gilimanuk.

Periode layanan Angkutan Hari Raya Idul Adha 1441 H ini akan berlangsung mulai 29 Juli 2020 hingga 3 Agustus 2020.

Puncak arus berangkat diperkirakan mulai terjadi pada Rabu (29/7/2020) dan Kamis (30/7/2020) dan puncak arus balik pada Minggu (2/8/2020) dan Senin (3/8/2020).

Baca juga.. :

Pengguna jasa diimbau agar melakukan perjalanan pada siang hari, sehingga dapat menghindari potensi antrean yang terjadi pada malam hari. Dan pengguna jasa diimbau melakukan check in 2 jam sebelum keberangkatan.

Pada periode layanan Angkutan Hari Raya Idul Adha tahun ini, ASDP juga akan menerapkan proses screening (stopper) di sejumlah titik akses jalan menuju pelabuhan yang berperan untuk memastikan bahwa pengguna jasa sudah memiliki tiket. Dengan demikian, penumpukan kendaraan di area toll gate pelabuhan dapat dihindari.

“Kami akan menempatkan personel di lapangan, yang bertugas menyaring pengguna jasa yang belum bertiket agar tidak langsung masuk ke area pelabuhan atau menyaring pengguna jasa yang datang tapi tidak sesuai jam keberangkatannya atau tidak sesuai data identitas yang tertera di e-ticket. Kita akan filter, sehingga tidak akan menimbulkan antrean di pelabuhan,” tuturnya.

ASDP juga memastikan, meskipun masih pandemi Covid-19, layanan penyeberangan pada periode Angkutan Hari Raya Idul Adha 1441 H berjalan lancar, aman, nyaman, tertib dan selamat di seluruh lintasan yang dikelola ASDP dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Kami mengimbau kepada pengguna jasa mempersiapkan perjalanan dengan sebaik-baiknya termasuk dengan melakukan pembelian tiket melalui Ferizy via website www.ferizy.com, aplikasi di ponsel atau beli langsung di Alfamart,” katanya.

Manfaatkan sebaik-baiknya kemudahan pembelian tiket ASDP, sehingga tidak perlu antre lagi di pelabuhan. Via online, tiket dapat dibeli H-60 hingga maksimal 5 jam sebelum keberangkatan,” imbuh Ira.

TAGS : ASDP Idul Adha 1441 H Ferizy

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/76217/Idul-Adha-1441-H-ASDP-Prediksi-Trafik-Penyeberangan-Naik-30-Persen/