iKON Pamit dari YG Entertainment, Tetap Akan Tergabung sebagai Grup

iKON Pamit dari YG Entertainment, Tetap Akan Tergabung sebagai Grup

JawaPos.com – YG Entertainment menutup tahun 2022 dengan serangkaian berita mengejutkan. Kemarin (30/12) seluruh personel iKON resmi meninggalkan agensi tersebut. Keenam anggota –Kim Jinhwan, Bobby, Song Yunhyeong, Goo Junhoe, Kim Donghyuk, dan Jung Chanwoo– memutuskan keluar setelah kontrak eksklusif habis. Kabar itu dikonfirmasi via pernyataan resmi oleh pihak YG Entertainment.

’’Keenam anggota, tentu saja, akan terus melanjutkan aktivitas mereka sebagai grup iKON di masa mendatang. Kami juga memberitahukan, mereka akan terus berkomunikasi dengan iKONIC (sebutan fans iKON) lewat akun media sosial mereka,’’ paparnya.

Mereka juga menegaskan, laman komunitas fans resmi iKON di Weverse juga akan tetap dipertahankan. Pihak agensi berterima kasih dan menyatakan dukungannya pada grup yang memulai debut pada 2015 itu.

’’Kami juga berterima kasih kepada para iKONIC yang terus bersama kami di sepanjang perjalanan iKON. Kami mohon, lanjutkan dukungan dan semangat kalian kepada para personel di momen persiapan awal baru mereka,’’ imbuh pihak YG Entertainment.

Meski mengejutkan, kabar itu telah diduga sebagian besar iKONIC. Pada November lalu, Bobby sempat diisukan tak akan memperpanjang kontraknya. Selain itu, di pertengahan tahun ini, para member iKON mengelak saat ditanya tentang pembaruan kontrak dengan YG Entertainment.

’’Belum ada yang diputuskan secara detail saat ini, tapi kami akan bekerja keras untuk iKON dan karya musik kami,’’ papar Jinhwan dalam konferensi pers minialbum Flashback pada 3 Mei lalu.

Sejumlah media Korea menyatakan, keenam personel iKON akan bergabung di 143 Entertainment. Namun, perwakilan agensi itu mengungkapkan, mereka masih berdiskusi. ’’Belum ada hal spesifik yang dikonfirmasi,’’ ungkapnya.

143 Entertainment didirikan produser dan musisi hiphop Digital Masta pada 2020. Agensi itu menjadi ’’rumah’’ girl band pendatang baru LIMELIGHT, Mashiro dan Yeseo Kep1er, serta dua trainee di Boys Planet, Lim Jun-seo dan Lee Da-eul.

Kemarin girl band BLACKPINK juga diisukan akan pindah ke The Black Label, label rekaman independen yang masih berafiliasi dengan YG Entertainment. Salah satu sumber The Korea Herald menyatakan, keempat personel telah mendiskusikan kontrak kerja dengan label itu di awal 2022. Namun, YG Entertainment langsung memberikan klarifikasi. ’’Kabar itu tidak benar,’’ tegas perwakilan agensi tersebut.

Selain iKON, aktor Kang Dong-won keluar dari agensi itu setelah enam tahun. ’’Setelah berdiskusi, YG Entertainment dan aktor Kang Dong-won telah memutuskan mengakhiri kerja sama. Kami berterima kasih dan dengan tulus mendukung sang aktor, yang telah bersama kami dalam waktu lama,’’ ungkap pihak YG Entertainment dalam pernyataan terpisah kemarin.

Kabar kepindahan artis YG Entertainment mulai ramai sejak awal pekan ini. Sebelumnya, Daesung dan Taeyang dari BIG BANG mengumumkan keluar dari agensi tersebut setelah 16 tahun. Daesung belum menentukan label baru, sedangkan Taeyang pindah ke The Black Label untuk fokus sebagai musisi sekaligus produser.

Pihak YG Entertainment menegaskan, keduanya masih merupakan personel grup pelantun Still Life itu. ’’Fakta bahwa mereka adalah personel BIG BANG tidak akan berubah,’’ tegasnya. Pada Februari lalu, T.O.P juga mengambil langkah serupa. Dia memutuskan keluar dari YG Entertainment untuk fokus dengan kegiatan seni.

MUSISI YANG MASIH DI YG ENTERTAINMENT

– G-Dragon

– BLACKPINK

– WINNER

– TREASURE

– SECHSKIES

– Akdong Musician

KALENDER YG ENTERTAINMENT DI 2023

– Meski ditinggalkan para artisnya, kegiatan YG Entertainment tahun depan tetap padat. Berikut beberapa jadwal, sebagaimana diumumkan di buletin resmi agensi, YG Life:

– Seleksi trainee lewat National Audition Tour di lima kota di Korea di sepanjang Januari–Februari 2023.

– Tur konser perdana TREASURE, 2023 TREASURE Tour HELLO, di tujuh negara sepanjang Maret–April 2023. Mereka dijadwalkan tampil dua hari di Indonesia, yakni pada 18 dan 19 Maret.

– Lanjutan tur BLACKPINK, Born Pink World Tour, mulai 7 Januari di Bangkok, Thailand.

– Debut girl band baru lewat YG NEXT MOVEMENT. Detail lebih lanjut akan diumumkan pada 1 Januari.

– Personel WINNER diperkirakan akan aktif dalam kegiatan solo. Mino dikonfirmasi menjadi salah satu juri dalam acara survival Peak Time. Sementara itu, Lee Seung-hoon bakal aktif di kanal YouTube-nya yang baru dibuka pada Oktober lalu.


Credit: Source link

Related Articles