IMI harap IEMS 2022 dorong masyarakat gunakan kendaraan listrik

Jakarta (ANTARA) – Ikatan Motor Indonesia (IMI) berharap gelaran Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2022 dapat menjadi pendorong bagi masyarakat untuk menggunakan kendaraan listrik.

“Mungkin melalui IEMS 2022 akan menjadi booster yang ampuh untuk mendorong penggunaan kendaraan listrik di masyarakat,” ujar Wakil Ketua Hubungan Antar Lembaga IMI Junaidi Elvis dalam Soft Launching IEMS 2022 di Gedung BJ Habibie BRIN, Jakarta, Rabu.

Junaidi optimis kendaraan listrik akan menjadi tren di masa yang akan datang, seiring gencarnya dukungan pemerintah terhadap kendaraan ramah lingkungan serta produsen otomotif yang terus berinovasi menciptakan karya kendala listrik baik roda empat maupun roda dua.

IMI, kata dia, juga terus mendorong penggunaan kendaraan listrik melalui sejumlah edukasi. IMI memiliki bidang mobilitas yang secara khusus memberikan edukasi tentang kendaraan listrik baik roda dua maupun roda empat.

Selain itu, IMI juga telah menyelenggarakan balap mobil listrik Formula E yang bertujuan untuk mendukung terciptanya tren kendaraan listrik di Tanah Air.

“Kami akan terus mengawal percepatan program untuk kendaraan listrik dari jalur transportasi jalan raya. Bahkan di event balap pun kami pernah melakukannya,” ucap Junaidi.

Dalam kesempatan itu, Junaidi menyampaikan bahwa penyelenggaraan IEMS 2022 harus terus mendapat dukungan dari segenap pihak agar gaung transisi energi di jalur transportasi dapat semakin terdengar.

“Transisi energi dari jalur transportasi ini perlu kita gaungkan secara bersama-sama, tak hanya oleh pemerintah pusat dan daerah tapi juga sektor swasta dan para akademisi untuk bersama-sama menjadikan pengguna kendaraan listrik di masa mendatang dijadikan agenda bersama,” kata dia.

Sementara itu, Kepala BRIN Laksana Tri Handoko mengatakan IEMS 2022 merupakan kegiatan yang sangat penting sebagai ajang mensosialisasikan tentang ekosistem kendaraan listrik, khususnya peran riset dan inovasi dalam pembangunan ekonomi dan sosial.

“Ini merupakan salah satu bentukan dukungan BRIN bersama para stakeholders serta produsen kendaraan listrik dan komponennya untuk memacu perkembangan kendaraan listrik di Indonesia dan berbagai inovasi terbaru, kata dia.

BRIN akan menggelar pameran kendaraan listrik Indonesia Electric Motor Show (IEMS) tahun ini di kawasan Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat pada 8-10 September 2022.

Pameran akbar kendaraan listrik ini juga merupakan bagian dari upaya untuk menyambut kehadiran era kendaraan bermotor listrik di Indonesia yang trennya kini sudah mengglobal, termasuk saat penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tiggi (KTT) G20 yang digelar di Bali.

Sedikitnya terdapat 30 pemain termasuk produsen di bidang kendaraan listrik yang bakal ikut berpartisipasi, di antaranya Toyota, Hyundai, Gesits, Wuling, DFSK, beberapa perguruan tinggi, dan PLN.

Baca juga: Bamsoet nilai komponen lokal mampu dorong transisi EV di Indonesia

Baca juga: Rifat Sungkar: “Street Race” produk revolusi mental

Baca juga: Ketua IMI optimistis mobil listrik semakin digemari di Indonesia

 

Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022

Credit: Source link