Indonesia Perkuat Kerja Sama dengan Australia

Indonesia Perkuat Kerja Sama dengan Australia

JawaPos.com – Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan pentingnya memperdalam kolaborasi antara Indonesia dan Australia dalam forum ekonomi regional dan global untuk pemulihan ekonomi bersama. Indonesia juga mengapresiasi dukungan Australia untuk kepemimpinan Indonesia di G20.

“Indonesia dan Australia menyepakati dan mengakui peran penting investasi infrastruktur yang berkualitas dalam mendorong pemulihan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif sebagai prioritas dalam G20. Kolaborasi juga perlu diperkuat pada isu-isu penting bagi masa depan ekonomi kawasan, antara lain perubahan iklim, pengurangan emisi, investasi, dan teknologi,” ujarnya dalam keterangannya, Rabu (7/7).

Pihaknya juga telah melakukan pertemuan Economic, Trade and Investment Ministers Meeting (ETIMM). Pertemuan tersebut merupakan pertemuan pertama yang membahas peningkatan kerja sama bidang ekonomi, bilateral, dan global.

“ETIMM merupakan tindak lanjut dari kesepakatan kedua kepala pemerintahan pada Annual Leaders Meeting tahun 2020,” ucapnya.

Lebih jauh, Airlangga yang juga menjabat sebagai Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), menyatakan bahwa Indonesia dan Australia perlu memperkuat kerja sama bilateral serta bertukar pandangan dan pengalaman dalam upaya penanggulangan penyebaran Covid-19 dan pemulihan ekonomi.

Saat ini, Airlangga menjabarkan, Indonesia tengah berfokus dalam menangani dampak kesehatan dari pandemi. Salah satunya dengan membentuk Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) untuk mengakomodasi dan mengintegrasikan layanan kesehatan dan program pemulihan ekonomi secara bersamaan. Percepatan program vaksinasi dan pemberlakuan PPKM merupakan kunci untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat, terang Airlangga Hartarto.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri


Credit: Source link

Related Articles