Indonesia Terancam Resesi, Begini Saran Ahli

JawaPos.com–Berdasar survei yang rilis Bloomberg, Indonesia berada di peringkat ke-14 dari 15 negara yang terancam resesi. Ancaman resesi itu muncul dengan probabilitas sebesar 3 persen.

Di urutan pertama diduduki Srilanka dengan probabilitas mencapai 85 persen. Meskipun kemungkinan resesi Indonesia kecil, kondisi ekonomi sekarang tetap patut diwaspadai.

Pakar Ekonomi dari Universitas Airlangga (Unair) Imron Mawardi sarankan dua hal kepada pemerintah sebagai pemangku kebijakan. Dua hal tersebut berkaitan dengan ketahanan pangan dan keputusan dalam peminjaman utang.

”Jika resesi benar terjadi maka dampaknya ialah masyarakat sulit untuk menjangkau kebutuhan pokok seperti pangan dan energi. Sulitnya memperoleh barang-barang kebutuhan dipengaruhi ketersediaan yang minim dengan tren harga yang melambung tinggi,” terang Imron.

Menurut Imron, kondisi itu dapat diantisipasi dengan cara meningkatkan transportasi masal demi menghemat cadangan energi dan menambah buffer atau cadangan untuk pangan.

”Saya kira yang harus diwaspadai pemerintah ke depan itu adalah pangan dan energi. Itu yang harus diperhatikan. Karena (masa mendatang) ada  peningkatan kebutuhan pangan dan energi yang besar sementara produksi energi dan pangan itu boleh dikatakan stag begitu ya. Artinya sulit untuk ditingkatkan yang signifikan,” ujar Imron, pakar ekonomi yang juga wakil Dekan II Fakultas Teknologi dan Multidisiplin Unair itu.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika


Credit: Source link