Indonesian Idol Season 12 Dimulai, Juri Lebih Banyak

Indonesian Idol Season 12 Dimulai, Juri Lebih Banyak

JawaPos.com – Indonesian Idol is back! Kali ini, salah satu ajang menyanyi terpopuler di Indonesia itu sudah memasuki musim ke-12. Seiring kondisi pandemi yang berangsur membaik, audisi kembali dijalankan secara luring dan daring di 12 kota selama Oktober hingga November lalu. Babak audisi akan ditayangkan di RCTI pada episode perdana Indonesia Idol musim 12 besok (19/12) malam pukul 21.00 WIB.

Ada yang baru di Indonesian Idol musim ini. Jumlah juri yang terlibat sebelas orang. Dua kali lipat dari jumlah juri musim-musim sebelumnya yang berkisar empat hingga lima orang. Para juri tersebut antara lain Judika Sihotang, Rossa, Bunga Citra Lestari (BCL), Maia Estianty, Armand Maulana, Anang Hermansyah, Dikta Wicaksono, Afgan, Momo, Fadly ”Padi”, dan David Bayu.

Karena juri ada banyak, sedangkan jumlah kursi juri terbatas, sebelas juri itu tidak langsung menjuri bersamaan di satu babak. Mereka secara bergantian akan menilai performa para peserta, dari babak audisi hingga Spectacular Show. Sementara itu, Boy William kembali ditunjuk sebagai host.

Dalam jumpa pers virtual Selasa (13/12) sore, Direktur Programming dan Akuisisi RCTI Dini Putri mengatakan, konsep juri yang banyak merupakan dampak dari membaiknya keadaan. ”Setelah pandemi mereda, jadwal juri-juri ini jadi padat banget,” katanya. Untuk menggantikan juri yang sedang sibuk atau ada jadwal lain, sosok juri lain diperlukan.

Adanya banyak juri memang bisa membuat acara lebih seru. Apalagi, ada David yang baru kali pertama menjadi juri Indonesian Idol. ”Terus terang gue nggak tau, gue ngapain sih di sini,” seloroh mantan vokalis grup musik Naif itu. Namun, David merasa senang bisa mendapat kesempatan menjadi juri ajang pencarian bakat.

Bayu menjelaskan bahwa dirinya sudah berkonsultasi dengan Ari Lasso, salah satu juri di Indonesian Idol musim 11 (2020–2021). Selain mendapat masukan dan saran, rupanya David juga mendapat candaan. ”Sama Ari diserem-seremin soal jadi juri (Indonesian, Red) Idol. Tapi, katanya Ari, follower di media sosial bakal nambah habis jadi juri Idol. Kita lihat aja deh ya,” kelakar David.

Sementara itu, BCL kembali lagi sebagai juri. Pelantun 12 Tahun Terindah itu kali terakhir menjadi juri pada Indonesian Idol X (2019–2020). Hingga pada akhir musim Indonesian Idol X, BCL harus absen dari kursi juri lantaran sang suami, Ashraf Sinclair, meninggal dunia pada 18 Februari 2020. Absennya BCL berlanjut hingga musim ke-11.

Banyaknya juri juga membuat kompetisi semakin tak terduga. Sebab, itu berarti akan ada lebih banyak kepala, selera, dan pilihan yang berbeda. Misalnya, ada satu peserta yang begitu memikat juri A. Ternyata, ketika juri A berhalangan hadir dan diganti juri B, peserta itu bisa saja tidak mendapat respons positif dari juri B karena perbedaan preferensi.

Itu sebabnya, para kontestan harus berusaha keras untuk merebut hati lebih banyak juri sebelum mereka merebut hati penonton di babak spektakuler. ”Yang pasti, kami ingin mencari sosok pemenang baru, yang tidak seperti pemenang-pemenang sebelumnya,” ujar Rossa.(c9/len)


Credit: Source link

Related Articles