Inflasi Inti Naik Pertanda Perbaikan Permintaan – KRJOGJA

Inflasi Inti Naik Pertanda Perbaikan Permintaan – KRJOGJA

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menilai, memasuki kuartal II-2021, sinyal pemulihan ekonomi semakin menguat. Ini terindikasi dari meningkatnya angka inflasi dan Purchasing Manager’s Index (PMI) Manufaktur Indonesia.

Airlangga menjelaskan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) yang kemarin telah diumumkan, Inflasi meningkat dari 0,13 persen secara bulanan pada April 2021 menjadi 0,32 persen pada Mei 2021. Utamanya disumbang oleh komponen inti sebesar 0,16 persen.

“Peningkatan signifikan dari inflasi inti menjadi indikasi kuat bahwa perbaikan permintaan terus berlanjut, sejalan dengan momentum pola musiman Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Ramadan dan Idul Fitri,” tuturnya dikutip dari keterangannya, Kamis, 3 Juni 2021.

Dengan membaiknya permintaan masyarakat tersebut, Airlangga melanjutkan, sektor industri memberikan respons positif dengan meningkatkan aktivitas produksinya, tercermin dari terus meningkat PMI Manufaktur Indonesia ke level 55,3 di Mei 2021 dari posisi 54,6 pada April 2021.

Credit: Source link

Related Articles