Inovasi Teknologi Desa PPI Dunia Direspons Positif Kemendes PDTT

Inovasi Teknologi Desa PPI Dunia Direspons Positif Kemendes PDTT

JawaPos.com – Sebagai salah satu bentuk upaya untuk mengimplementasikan tujuan Sustainable Development Goals Desa, Direktorat Pergerakan dan Pengabdian Mayarakat Sub-bidang Teknologi Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia telah memberikan inovasi dan berkolaborasi dengan Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi. Selain itu, serta pihak swasta seperti PT S.A.S Serve, DAKSA, dan Compro Petro 1 Indonesia untuk melaksanakan dan menyukseskan program Desa Terang Desa Internet di Desa Cisaat Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Rangkaian kegiatan ini telah dimulai sejak tahun 2020 dan telah dilakukan pemasangan tahap pertama Lampu Teknologi Hybrid pada 30-31 Maret lalu. Pada Rabu (23/6), PPI Dunia menyelenggarakan peresmian virtual program Desa Terang Desa Internet pada pukul 10.00-12.00 WIB secara live stream di YouTube channel PPI Dunia.

Acara peresmian dibuka dengan laporan kegiatan yang disampaikan oleh Arief Budiman selaku Project Officer DTDI PPI Dunia. Beliau memaparkan secara detail program pemasangan perangkat teknologi yang diantaranya adalah 2 set Lampu Tenaga Surya, 1 set Lampu Teknologi Hybrid untuk penerangan jalan, Vsat-Petro 1 yang berisi Parabola Set, Modem Set, Mikroik, dan Wifi tp link, 2 set Power Beam UBIQUITI AC Gen 5 Radio Wireless Outdor serta 2 set TP Link Cpe520 Radio Wireless Outdoor.

“Diharapkan dapat memudahkan informasi menuju kesejahteraan desa yang maksimal dan ini merupakan bentuk kontribusi pelajar Indonesia Dunia untuk bumi pertiwi,” ujar Arief.

Peresmian program Desa Terang Desa Internet (Istimewa)

Sementara itu, Choirul Anam selaku Koordinator PPI Dunia 2020/2021 turut memberikan sambutan. “Rangkaian kegiatan yang kami telah lakukan ini merupakan salah satu bentuk kontribusi PPI Dunia yang ingin memberikan ouput nyata dengan turut berpartisipasi membangun desa,” ujar Anam.


Credit: Source link

Related Articles