Intip Busana Trendi dari Kain Perca Lewat Koleksi Spring/Summer PURANA

JawaPos.com – Ada banyak cara kreatif yang dilakukan desainer untuk menciptakan koleksi yang tetap trendi di tengah pandemi Covid-19. Salah satunya, dengan mengolah kain sisa pembuatan pakaian atau kain perca yang dipadupadankan dengan teknik fabric manipulation dalam karyanya.

Dalam koleksi Spring/Summer 2021 ‘Synchronized’ PURANA di Jakarta Fashion Hub (JFH), koleksi itu terinsipirasi dari berkarung-karung kain perca yang ada di workshop PURANA. Label dalam negeri ini menggandeng fotografer Hakim Satriyo untuk menggabungkan desain baju dengan karya seni fotografi kontemporer.

“Awanya kami ingin menjadikan potongan kain perca menjadi motif kain baru, namun cara ini tidak akan menghasilkan cukup banyak kain untuk membuat koleksi utuh. Kami lalu memberikan ide kepada Hakim untuk merangkai kain tersebut menjadi sebuah komposisi material untuk difoto dan hasil fotografi tersebut dipakai sebagai motif kain,” kata Direktur Kreatif PURANA, Nonita Respati dalam konferensi pers virtual, Selasa (2/3).

Baca Juga: 20 Label Jadi Penggerak Ekonomi Lewat ModestFFFUND 2021

Uniknya kain perca diolah dengan berbagai cara. Mulai dari membekukannya di lemari es, menyiramnya dengan minyak, menggoreng, merebus bahkan menyobeknya.

Hasilnya, kolaborasi keduanya menghasilkan serangkaian koleksi yang sangat relevan untuk dikenakan di kondisi pandemi saat ini. Bagi penyuka motif kalem, PURANA juga menciptakan wrap dress bergaya santai dengan detail permainan panel dan piping dipadukan dengan kain tekstur bergaris serta top multifungsi, yang dipadupadankan dengan bahan denim.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani


Credit: Source link