Intip Gaya Berbusana Terinspirasi dari Avatar di Dunia Virtual

JawaPos.com – Fashion memainkan peran besar dalam mengekspresikan gaya yang kemudian menjadi identitas diri. Pandemi Covid-19 membuat semua orang lebih dekat dan akrab dengan teknologi digital melalui virtual. Atas dasar inilah, sejumlah desainer mendesain busana yang terinspirasi menjadi avatar seperti di ruang virtual.

Untuk kategori fashion, COSMIZE menggandeng The F People sebuah media gaya hidup berbasis fashion yang erat dengan berbagai komunitas pemuja fashion dan kreatif. Desain ini berkolaborasi dengan penggiat gashion dan kreatif di Indonesia.

Kolaborasi ini bertujuan merangkul sebanyak-banyaknya komunitas fashion dan mempertemukan mereka dengan desainer-desainer. Para desainer akan dapat membuat beberapa desain untuk dipakai oleh avatar COSMIZE yang dibeli dalam bentuk NFT. Selain itu, NFT juga berdampak bagi komunitas di dunia nyata, yaitu untuk dapat mengakses beberapa benefit yang diberikan oleh desainer.

“Kami memiliki misi untuk mengedukasi dan memfasilitasi para pegiat fashion dan kreatif di Indonesia untuk menerbitkan koleksi digital dan mempersiapkan ekosistem menuju metaverse. Maka kini para desainer tak hanya bisa menciptakan koleksi fisik, juga memulai untuk menciptakan koleksi digital yang nantinya bisa diaplikasikan di avatar dalam ekosistem metaverse,” kata desainer Amot Syamsurimuda kepada wartawan baru-baru ini.

Lewat koleksi bertema Signature Self Love, prosesnya dimulai secara terbalik. Koleksinya terdiri dari koleksi fisik sebanyak 6 look, ditransformasikan menjadi digital dimulai, gambar pola secara digital. Kemudian koleksinya dikenakan oleh para model dalam bentuk avatar.

“Proses pembuatan avatar ini pun sama, model difoto dari segala sisi kemudian dijadikan versi avatar,” katanya.

Pagelaran digital fashion yang menampilkan virtual fashion show itu dilanjutkan dengan real fashion show dengan model dan koleksi yang sama, untuk memberikan gambaran, seperti itulah dunia metaverse. Sehingga koleksi itu menjadi wujud teknologi metaverse dapat digunakan di berbagai bidang kehidupan, salah satunya dunia fashion atau industri kreatif di Indonesia.

“Saya berhadap ke depannya teknologi metaverse akan semakin berkembang dan merambah ke industri lainnya,” selain fashion,” tutup Rudi Hidayat dari V2 Indonesia.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Marieska Harya Virdhani


Credit: Source link