Invasi Belalang di Yaman Ancam Krisis Pangan

by

in
Invasi Belalang di Yaman Ancam Krisis Pangan

Seorang warga Yaman mencoba menangkap belalang di atap rumahnya. (AFP)

Al-Mukalla, Jurnas.com –  Kawanan belalang menyapu pertanian di bagian tengah, selatan dan timur Yaman, merusak tanaman dan memicu kekhawatiran akan kerawanan pangan.

Penduduk dan petani di Provinsi Marib, Hadramout, Mahra dan Abyan mengatakan bahwa miliaran belalang menyerang pertanian, kota dan desa, melahap tanaman musiman penting seperti kurma dan menyebabkan kerugian besar.

“Ini seperti badai yang meruntuhkan apa pun yang dihadapinya,” kata seorang pejabat pertanian dari distrik Sah Hadramout, Hussein Ben Al-Sheikh Abu Baker kepada Arab News, Minggu (12/7).

Foto dan video yang media sosial menunjukkan lapisan belalang merayap meletakkan kotoran ke pertanian lemon di Marb, kurma dan peternakan alfalfa di Hadramout dan kawanan terbang hingga membuat kota menjadi gelap.

“Belalang telah memakan semua jenis pohon hijau, termasuk pohon sesban. Kerugiannya sangat besar,” tambah Abu Baker.

Baca juga.. :

Hujan lebat dan banjir bandang melanda beberapa provinsi Yaman selama beberapa bulan terakhir, membuat belalang berkembang biak dengan baik. Para petani mengeluh karena belalang memusnahkan seluruh tanaman musiman yang ditanam setelah hujan.

Abu Baker mengunjungi beberapa peternakan yang terkena dampak di Hadramout, di mana para petani mengatakan jika pemerintah tidak memberikan kompensasi atas kerusakan yang terjadi, setidaknya mereka harus bersiap-siap kemungkinan gelombang belalang kedua yang mungkin terjadi dalam 10 hari.

“Kawanan saat ini bertelur yang diperkirakan akan menetas dalam 10 hari. Kami bersiap untuk gelombang kedua belalang,” sambungnya.

Tahun lalu, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan bahwa perang di Yaman telah mengganggu upaya pemantauan dan pengendalian vital dan beberapa gelombang belalang untuk menghantam negara-negara tetangga berasal dari Yaman.

Pejabat pemerintah Yaman, yang bertanggung jawab untuk memerangi penyebaran belalang, telah mengeluh bahwa pertempuran dan kurangnya dana telah menghambat operasi vital untuk memerangi serangga.

Direktur Unit Kontrol Locust di Kementerian Pertanian di kota Seiyun, Hadramout, Ashor Al-Zubairi mengatakan, sedang melakukan operasi tempur yang didanai Organisasi Pangan dan Pertanian di Hadramout dan Mahra, tetapi operasi itu gagal mencapai target karena kurangnya dana dan peralatan.

“Kampanye penyemprotan akan berakhir dalam satu minggu yang tidak cukup untuk mencakup seluruh area yang terganggu,” kata Al-Zubairi kepada Arab News. “Kami menyarankan untuk menambah jumlah peralatan penyemprotan atau memperpanjang kampanye.”

Ia mengatakan, sejumlah besar penduduk desa telah kehilangan sumber pendapatan mereka setelah belalang memakan tanaman dan makanan domba, meramalkan bahwa wabah kemungkinan akan berlangsung selama setidaknya dua minggu jika operasi kontrol yang mendesak tidak diintensifkan dan pertempuran berlanjut.

“Tim-tim tempur tidak dapat menyeberang ke beberapa area di Marib karena pertempuran,” katanya.

Invasi belalang yang meluas datang saat Program Pangan Dunia (WFP) pada 10 Juli mengirimkan permohonan dana mendesak untuk program-programnya di Yaman, memperingatkan bahwa orang akan menghadapi kelaparan jika tidak.

“Ada 10 juta orang yang menghadapi (suatu) kekurangan makanan akut, dan kami membunyikan bel alarm untuk orang-orang ini, karena situasi mereka memburuk karena eskalasi dan karena kuncian, kendala dan dampak sosial-ekonomi dari virus corona,” kata juru bicara WFP, Elisabeth Byrs kepada wartawan di Jenewa.

TAGS : Rawan Pangan Invasi Belalang Negara Yaman Krisis Pangan

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/75294/Invasi-Belalang-di-Yaman-Ancam-Krisis-Pangan/