Iran Sebut Putra Mahkoda Arab Saudi Tak Paham Sejarah

by

in
Iran Sebut Putra Mahkoda Arab Saudi Tak Paham Sejarah

Pangeran Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (Foto: Reuters/Hamad I Mohammed)

Jakarta – Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran mengcam putra mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman, setelah pewaris tahta yang berusia 32 tahun itu memperingatkan perang dengan Teheran hanya 10 hingga 15 tahun lagi.

Bahram Qassemi memperingatkan bin Salman, agar tidak berdebat soal kematian dan meminta para pejabat veteran Saudi untuk mengajarkan calon pengkhianat dari nasib mantan pemimpin Irak Saddam Hussein bertahan setelah menantang keputusan bangsa Iran.

“Ini pemula delusi, yang masih terlalu besar untuk sepatu botnya, entah tidak tahu perang, atau belum mempelajari sejarah, atau mungkin belum berbicara dengan orang yang terhormat,” kata Qassemi, dikutip dari Al Jazeera, Minggu (1/4).

Dalam kesempatan tersebut Qassemi  membaca puisi abad ke-13, “Semut yang berusaha bergulat dengan seekor elang buru-buru mati.”

Ia kemudian meminta ahli bahasa Persia di keluarga kerajaan Saudi untuk menerjemahkan ayat yang sesuai untuk putra mahkota.

Komentar Qassemi muncul setelah bin Salman mengatakan, Arab Saudi dapat terlibat dalam konfrontasi militer terhadap Iran jika sanksi internasional yang lebih keras tidak dikenakan terhadap Republik Islam itu.

“Kita harus mencapai ini untuk menghindari konflik militer, jika kita gagal melakukan ini, kita mungkin akan berperang dengan Iran dalam waktu 10-15 tahun,” kata bin Salman kepada The Wall Street Journal.

Arab Saudi menyatakan alarm peranga karean pengaruh Iran yang merayap di wilayah Timur Tengah dan terus meningkatkan upayanya untuk menahan apa yang dianggapnya sebagai ekspansi Iran melalui konflik proksi dan keterlibatan militer langsung di Yaman.

Saudi  menjadi kritikus gigih kesepakatan nuklir Iran 2015, yang dikatakan akan meringankan kesengsaraan ekonomi Iran dan memungkinkan untuk menopang afiliasi seperti Hizbullah.

Otoritas Saudi telah berulang kali memuji sikap keras Presiden Amerika Serikat Donald Trump tentang perjanjian penting tersebut.

TAGS : Arab Saudi Iran Amerika Serikat

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/31567/Iran-Sebut-Putra-Mahkoda-Arab-Saudi-Tak-Paham-Sejarah/