Istana Kepresidenan Siapkan 8.000 Undangan Saat Upacara 17 Agustsus 2023

Istana Kepresidenan Siapkan 8.000 Undangan Saat Upacara 17 Agustsus 2023
Dari kiri ke kanan, Sekretaris Kemensetneg, Setya Utama, Wamenparekraf, Angela Tanoesoedibjo, Kasetpres, Heru Budi Hartono, serta Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, memberi keterangan terkait Agenda Bulan Kemerdekaan RI di Jakarta, Senin (31/7/2023). (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST.com – Istana Kepresidenan menyiapkan sedikitnya 8.000 undangan bagi masyarakat untuk mengikuti secara langsung upacara peringatan detik-detik proklamasi di Istana Presiden 17 Agustus 2023.

“Tanggal 17 Agustus kami sudah mempersiapkan. Ada sedikit perbedaan. pertama kami (akan menyiapkan) sepenuhnya undangan fisik, jumlahnya kurang lebih 8.000 (undangan),” kata Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, dalam konferensi pers terkait Agenda Bulan Kemerdekaan RI dalam rangka HUT ke-78 Kemerdekaan RI, di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, dikutip dari kantor berita Antara, Senin (31/7).

Ia mengatakan, 8.000 undangan akan disiapkan baik bagi yang akan mengikuti upacara peringatan detik-detik proklamasi pada pagi hari maupun bagi yang akan mengikuti upacara penurunan bendera Merah Putih di sore hari di Istana Presiden.

“Tentunya kami meminta maaf jika peserta ini atau undangan animo yang cukup banyak untuk hadir di Istana tidak bisa kami penuhi semua, karena keterbatasan tempat,” ujar dia.

Masyarakat yang ingin mendaftar untuk hadir menjadi peserta upacara di Istana dapat mendaftarkan diri pada laman www.pandang.istanapresiden.go.id, pada waktu yang nanti akan diumumkan.

Pihak Istana dalam waktu dekat akan meluncurkan aplikasi atau laman pendaftaran tersebut. Nantinya masyarakat yang akan mendaftar sebagai peserta upacara harus memenuhi sejumlah persyaratan di antaranya foto kopi KTP, foto diri serta wajib telah menerima vaksinasi tahap ketiga atau booster COVID-19.

Semua peserta upacara yang terpilih akan menerima sebuah gelang barcode yang akan digunakan sebagai akses masuk ke Istana. HUT ke -78 Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 2023 juga akan dimeriahkan sejumlah kegiatan seperti kirab bendera pusaka dari Monas menuju Istana melalui patung kuda.

Selain itu pihak TNI juga akan menyuguhkan pertunjukan parade pesawat, yang pada tahun ini akan diikuti oleh seluruh matra TNI.

Lebih jauh laki-laki yang juga menjabat sebagai pj gubernur DKI menyampaikan bahwa Pemprov DKI Jakarta turut mempersiapkan panggung hiburan pada tanggal 17 Agustus 2023 pagi hari, yang ditujukan bagi masyarakat yang tidak berkesempatan hadir langsung di Istana Merdeka.

Pemprov DKI Jakarta juga menyiapkan sejumlah videotron di sejumlah titik antara lain di Monas dan Bundaran HI agar masyarakat bisa menyaksikan upacara peringatan detik-detik proklamasi melalui layar itu.

Adapun rangkaian perayaan HUT ke-78 RI sudah dimulai sejak awal Agustus ini. Beragam acara disiapkan mulai dari pagelaran angklung di Gelora Bung Karno tanggal 5 Agustus 2023, acara Istana Berkebaya yang bisa diikuti seluruh masyarakat di depan Istana Presiden tanggal 6 Agustus 2023, hingga video mapping di Monas pada tanggal 17 Agustus 2023.

Pemerintah juga mengingatkan kepada masyarakat di seluruh Indonesia untuk mulai memasang bendera Merah Putih di rumah, ruko, perkantoran dan instansi lain, mulai tanggal 1-31 Agustus 2023. (Kmb/Balipost)

Credit: Source link

Related Articles