Jadi Konsumen Cerdas, Cek Klik Sebelum Belanja

by

in
Jadi Konsumen Cerdas, Cek Klik Sebelum Belanja

Masih banyak konsumen yang kurang meluangkan waktu untuk memaca label pada kemasan produk yang mereka beli (Foto Iustrasi)

Jakarta, Jurnas.com –  Indonesia dengan jumlah penduduk yang besar menjadi target pasar potensial bagi peredaran Obat dan Makanan, baik produk dalam negeri maupun impor. Gencarnya iklan dan promosi produk serta penawaran promo menarik membuat masyarakat semakin konsumtif. 

Untuk itu, persetujuan konsumen menjadi poin penting yang harus diberikan kepada masyarakat. Melalui program edukasi dengan kampanye Cek KLIK (Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kedaluwarsa) serta Aplikasi BPOM Mobile ( barcode 2D ), Badan POM turut membangun kesadaran masyarakat untuk selalu memilih, membeli, dan mengonsumsi produk Obat dan Makanan yang aman.

Kepala Badan POM RI, Penny K. Lukito mengatakan kesadaran dalam memilih dan mengonsumsi Obat dan Makanan harus dimulai dari setiap individu. 

“Mencari Google artikel lampanye Cek KLIK, masyarakat diedukasi untuk menjadi konsumen yang cerdas berdaya dan melindungi diri sendiri, keluarga, dan lingkungannya,” ucap Penny saat mengisi talkshow Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) hearts Rangka peluncuran Program Nasional “Ayo Cek KLIK Sebelum Belanja!” Di Jakarta, Sabtu (7/9).

Upaya edukasi Obat dan Makanan untuk masyarakat tidak hanya menjadi tanggung jawab Badan POM, namun juga bantuan usaha dan lintas sektor terkait termasuk asosiasi dan lembaga sosial masyarakat. 

Untuk itu Badan POM senantiasa membangun kerja sama dengan usaha dan melibatkan masyarakat aktif, salah satunya dengan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo). 

Aprindo merupakan asosiasi usaha yang memiliki pengurus daerah di 34 (tiga puluh empat) provinsi di seluruh Indonesia dan beranggotakan 40.000 (empat puluh ribu) ritel modern kecil hingga besar. 

Salah satu wujud nyata sinergisme Badan POM dengan Aprindo adalah pemasangan materi edukasi Cek KLIK pada display counter di fasilitas ritel seluruh Indonesia.

 “Membelanjakan usaha ritel ini merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban usaha dalam menyediakan konsumen yang menyediakan produk yang aman dan berkualitas serta edukasi bagi konsumen di fasilitas ritel,” ujar Penny.

Sementara itu, di ranah online, aplikasi BPOM mobile ( barcode 2D ) memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam melakukan pengecekan produk Obat dan Makanan yang diminta melalui pemindaian barcode 2D pada label produk. 

“Melalui aplikasi ini masyarakat juga dapat melakukan pengaduan terhadap produk atau mendapatkan informasi dari Badan POM,” tukasnya.

Penny juga menjelaskan jika Program Nasional “Ayo Cek KLIK Sebelum Belanja!” Ini merupakan langkah awal. Kedepan, akan terus dilakukan berbagai program lainnya bersama usaha dan lintas sektor untuk melindungi masyarakat dengan lebih optimal. 

“Kami mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk menjadi konsumen yang cerdas dan berdaya. Teliti sebelum membeli dan laporkan jika ada dibeli. Dengan Cek KLIK sebelum membeli produk dan mengecek produk melalui aplikasi BPOM mobile, mari kita bersama-sama wujudkan SDM unggul dan sehat untuk membangun Indonesia maju,” ajaknya.

TAGS : Cek Klik Konsumen Cerdas Obat Makanan

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/58916/Jadi-Konsumen-Cerdas-Cek-Klik-Sebelum-Belanja/