Jadi Pasar Kreatif Kota Yogya, PDIN Rampung Akhir Tahun Ini – KRJOGJA

YOGYA, KRJOGJA.com – Pusat Desain Industri Nasional (PDIN) sudah mulai tahap pembangunan sejak bulan lalu. Gedung yang akan menjadi pasar kreatif di Kota Yogya tersebut ditargetkan bakal selesai pada akhir tahun ini.

Kepala Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Kota Yogya Tri Karyadi Riyanto, menjelaskan gedung tersebut dibangun di lahan eks Terminal Terban. “Berdasarkan tata kala maka pekerjaan fisik pembangunan PDIN itu ditargetkan selesai dalam waktu sekitar tujuh bulan atau sampai akhir Desember ini,” jelasnya, Senin (30/5/2022).

Total anggaran yang dialokasikan mencapai Rp 34,5 miliar menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerinta pusat. Luas lahan yang digunakan 2.843 meter persegi dengan bangunan empat lantai. Bangunan tersebut kelak dilengkapi rooftop namun tidak dengan basement. Hal ini berada di kawasan cagar budaya yang tidak memungkinkan menambah fasilitas tersebut.

Tri Karyadi menambahkan, keberadaan PDIN memiliki nilai penting bagi pengembangan sektor industri kecil dan menengah agar mampu memiliki daya saing yang lebih baik. “Tidak hanya untuk industri di Kota Yogya saja tetapi untuk industri kecil di seluruh Indonesia,” imbuhnya.

Oleh karena itu, guna mendukung fungsinya maka terdapat sejumlah fasilitas yang disematkan seperti ruang pameran, seminar, dan plaza yang berada di lantai satu. Sementara lantai dua akan digunakan sebagai ruang audio visual, perpustakaan, ruang rapat, ruang pertemuan, dan lainnya. Sedangkan ruangan untuk coworking spade berada di lantai tiga, dan lantai empat untuk kantor mitra dan sirkulasi.

Credit: Source link