Jaguar akan jadi merek kendaraan listrik murni

Jakarta (ANTARA) – Produsen mobil petualangan mewah Jaguar Land Rover mengubah strategi bisnisnya dengan menetapkan rencana “Reimagine Jaguar Land Rover”, yang fokus utamanya menjadikan Jaguar sebagai merek mobil listrik murni pada 2030 mendatang.

Inti dari rencana Reimagine adalah elektrifikasi merek Land Rover dan Jaguar pada arsitektur terpisah dengan dua kepribadian yang jelas dan unik.

Kami memanfaatkan bahan-bahan tersebut hari ini untuk menata kembali bisnis, dua merek, dan pengalaman pelanggan di masa depan. Strategi Reimagine memungkinkan kita untuk meningkatkan dan merayakan keunikan itu tidak seperti sebelumnya,” kata CEO Jaguar Land Rover, Thierry Bolloré, dalam pernyataan resmi, dikutip Selasa.

Baca juga: JLR kembangkan mobil listrik ringan untuk daya jelajah lebih jauh

Sebagai bagian dari rencana besarnya, produsen otomotif yang bernaung di bawah Tata Motors ini, akan meluncurkan enam varian listrik murni karena terus menjadi pemimpin dunia SUV mewah melalui tiga keluarga Range Rover, Discovery, dan Defender.

Varian listrik sepenuhnya pertama Jaguar Land Rover akan tiba pada 2024. Pada pertengahan dekade, Jaguar akan mengalami kebangkitan untuk muncul sebagai merek mewah elektrik murni dengan portofolio baru.

Jaguar dan Land Rover akan menawarkan tenaga listrik murni pada kendaraannya mendatang dengan brand sama, pada tahun 2030. Pada saat itu, selain 100 persen penjualan Jaguar adalah kendaraan listrik, diperkirakan sekitar 60 persen mobil Land Rover yang dijual akan dilengkapi dengan powertrains tanpa emisi.

Tujuan Jaguar Land Rover adalah untuk mencapai emisi karbon nol, bersih di seluruh rantai pasokan, produk dan operasinya pada tahun 2039. Sebagai bagian dari ambisi ini, perusahaan juga mempersiapkan adopsi yang diharapkan dari tenaga sel bahan bakar bersih sejalan dengan pematangan ekonomi hidrogen.

Pengembangan sedang berlangsung dengan prototipe yang tiba di jalan raya Inggris dalam 12 bulan ke depan sebagai bagian dari program investasi jangka panjang.

Baca juga: Tata Motor merugi akibat permintaan melemah

Keberlanjutan yang memberikan tolok ukur baru dalam dampak lingkungan dan kemasyarakatan untuk sektor kemewahan merupakan hal mendasar bagi keberhasilan Reimagine.

Komitmen investasi tahunan sebesar 2,5 miliar pound sterling atau sekira Rp48,5 triliun akan mencakup investasi dalam teknologi elektrifikasi dan pengembangan layanan terhubung untuk meningkatkan perjalanan dan pengalaman pelanggan, di samping teknologi data-sentris yang selanjutnya akan meningkatkan ekosistem kepemilikan mobil.

Land Rover akan menggunakan arsitektur baru, Flex Modular Longitudinal Architecture (MLA) yang akan datang. Ini akan mengirimkan mesin pembakaran internal berlistrik (ICE) dan varian listrik penuh saat perusahaan mengembangkan jajaran produknya di masa depan.

Selain itu, Land Rover juga akan menggunakan Electric Modular Architecture (EMA) murni listrik yang juga akan mendukung ICE yang dialiri listrik canggih. Model Jaguar masa depan akan dibangun secara eksklusif di atas arsitektur listrik murni.

Reimagine dirancang untuk memberikan penyederhanaan juga. Dengan mengkonsolidasikan jumlah platform dan model yang diproduksi per pabrik, perusahaan akan dapat menetapkan standar patokan baru dalam skala dan kualitas yang efisien untuk sektor mewah.

Pendekatan semacam itu akan membantu merasionalisasi sumber dan mempercepat investasi dalam rantai pasokan ekonomi sirkuler lokal. Dari perspektif manufaktur inti yang berarti Jaguar Land Rover akan mempertahankan fasilitas pabrik dan perakitannya di pasar dalam negeri Inggris dan di seluruh dunia.

Reimagine akan melihat Jaguar Land Rover berukuran tepat, menggunakan kembali dan mengatur ulang menjadi operasi yang lebih gesit. Untuk mempercepat efisiensi fokus ini, perusahaan akan secara substansial mengurangi dan merasionalisasi infrastruktur non-manufakturnya di Inggris.

Baca juga: Jaguar “noise cancellation”, fitur baru kurangi kelelahan pengemudi

Baca juga: Land Rover Discovery Sport dan Evoque dapat pembaruan mesin listrik

Baca juga: Jaguar Land Rover ajukan pinjaman ke pemerintah Inggris

 

Pewarta: S026
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021

Credit: Source link