Jangan lupa pasang komponen ini di mobil sebelum mudik

Jakarta (ANTARA) – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, ada sejumlah komponen kecil, namun, penting, yang tidak boleh dilupakan pemudik agar perjalanan mereka lancar.

“Sebenarnya, yang banyak dilupakan itu barang-barang kecil namun memiliki fungsi yang besar ketika dalam kondisi darurat,” kata pemilik bengkel PJM.id yang berlokasi di Blok M Square, Jakarta Selatan, Keandre, Sabtu.

Menurut dia, komponen pertama yang tidak boleh dilupakan adalah memasang kamera dashboard (dashcam). Komponen itu akan membantu menjadi saksi ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalan mudik.

Baca juga: Penting rawat AC mobil sebelum melakukan mudik dengan mobil pribadi

Penggunaan dashcam juga tidak hanya digunakan saat kegiatan mudik, dalam berkendara sehari-hari komponen itu menjadi peranti wajib yang menempel di kendaraan terlebih ketika kondisi jalan yang saat ini sangat padat.

Tidak hanya dashcam saja yang menjadi komponen wajib digunakan pada saat mudik, kesiapan dongkrak juga menjadi hal yang wajib diperhatikan untuk selalu dibawa, terlebih dalam kondisi jalan yang tidak biasa dilalui.

“Dongkrak juga penting dibawa karena kondisi di jalan tidak ada yang pernah tahu. Terlebih, medan yang akan dilalui selama mudik menjadi medan yang asing bagi para pengendara. Kita bisa menanggulangi itu sebelum sesuatu (ban bocor) menimpa kendaraan pemudik,” kata Keandre menjelaskan.

Komponen yang juga wajib untuk diperhatikan sebelum mudik adalah kualitas wiper dan juga lampu penerangan dari kendaraan sebelum diajak untuk mudik. Wiper menjadi penting ketika mudik pada musim hujan.

“Kalau kita menganjurkan itu, ketika kendaraan terpapar sinar matahari secara langsung kita menyarankan untuk mengganti (wiper) setiap enam bulan sekali. Jika kendaraan tidak terpapar matahari secara langsung, bisa tahan sampai 2 tahun,” ujar dia.

Kualitas penerangan yang baik juga memberikan visibilitas yang baik bagi pengendara untuk melihat secara jelas kondisi jalan yang mereka lalui agar tidak terjadi hal-hal buruk bagi pengendara dan juga orang sekitar.

Baca juga: Mudik dalam cuaca tidak menentu, penting ban harus tampil prima

Baca juga: Hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum mudik pakai mobil pribadi

Baca juga: Cek kaki-kaki mobil agar perjalanan mudik makin nyaman dan aman

Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024

Credit: Source link