Jokowi Ingin Ajak Jerman Wujudkan Transformasi Digital di Indonesia

JawaPos.om – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan pemerintah sedang mempersiapkan peta jalan (road map) untuk mengimplementasikan Making Indonesia 4.0.

“Saya ingin mengajak Jerman untuk bermitra mewujudkan transformasi digital di Indonesia. Indonesia sendiri telah menyiapkan roadmap implementasi Making Indonesia 4.0,” kata Presiden Jokowi, dalam pembukaan pameran teknologi industri Hannover Messe 2021, di Istana Negara Jakarta, Senin (12/4).

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekomian Airlangga Hartarto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang, dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. “Terdapat tiga hal utama. Pertama, pada era industri 4.0 penguatan SDM adalah kebutuhan,” ujar Presiden Jokowi dikutip dari Antara.

Presiden Jokowi mengatakan Indonesia memiliki bonus demografi. Dia menturkan, pada 2030 jumlah usia produktif di Indonesia tumbuh dua kali lipat.

“Tantangannya adalah penyiapan SDM yang mampu menghadapi tantangan masa depan, tantangan big data, artificial intelligence, internet of things,” kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Presiden Jokowi meyakini Jerman dapat mendukung penguatan SDM Indonesia melalui pengembangan pendidikan vokasi, penguatan riset, dan penguatan universitas berbasis teknologi.


Credit: Source link