Kacamata Safety Sangat Penting Digunakan Untuk Bekerja - Andalan News

Kacamata Safety Sangat Penting Digunakan Untuk Bekerja

Andalannews.com – Bagi yang bekerja di sektor industri atau konstruksi pasti tidak asing dengan kacamata safety, betul? Akan tetapi, kenapa harus kacamata safety? Tidak bisakah diganti kacamata lain saja yang lebih keren atau bahkan kacamata resep dokter?

 

Apa itu Safety Glasses ?

Safety glasses tidak hanya bertujuan untuk melindungi mata dari partikel kecil seperti debu yang berterbangan saja. Fungsi safety googles lebih dari itu karena juga digunakan untuk melindungi dari zat kimia, gas, atau radiasi cahaya. Kekuatan dari kacamata pengaman ini jauh lebih kuat dari kacamata biasa atau resep dokter. Bagi Anda yang memiliki kondisi mata minus atau plus bisa menggunakan kacamata pengaman pada bagian luar.

Kacamata pengaman ukurannya cukup besar sehingga akan tetap aman dan nyaman ketika digunakan bertumpuk. Bahan dari kacamata jenis ini beragam, ada yang terdiri dari polycarbonate, logam, polimer plastik atau bahan berkualitas lain. Jadi, tidak semua kacamata pengaman memiliki bahan material yang sama.

Misalnya saja kacamata Safety uvex yang menggunakan lapisan uvex Supravision Excellence. Lapisan ini merupakan tipe lapisan tahan gores dan bahan kimia serta anti kabut pada bagian dalam.

 

Peraturan Menteri yang Mengatur Kacamata Safety

https://www.instagram.com/p/CCLGOPjiHgM/

Saking pentingnya penggunaan kacamata pengamanan dalam pekerjaan yang memiliki resiko tinggi, ada dasar PMK yang mengaturnya. Peraturan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 52 Tahun 2018. Satu lagi peraturan yang membahas hal itu adalah Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. 8 Tahun 2010. Dalam kedua aturan tersebut membahas mengenai seperti apa seharusnya kacamata pengaman berfungsi.

 

Mengapa Kacamata Safety Sangat Penting untuk Pekerjaan Berat

Tidak seperti kacamata resep dokter yang hanya membuat penglihatan lebih jelas, safety glasses lain. Berikut alasan mengapa kacamata pengaman sangat penting terutama untuk para pekerja berat :

1. Perlindungan Area Mata

https://www.uvex-safety.co.id/en/products/safety-glasses

Sama halnya dengan safety helmet untuk melindungi kepala, mata juga perlu dilindungi. Fungsi perlindungan ini tidak bisa dilakukan oleh kacamata biasa maupun resep dokter karena fungsinya yang sudah berbeda. Dilihat dari bahan pembuatan seperti yang sudah dijelaskan secara singkat di atas, sangat berbeda bukan?

2. Menjaga Mata dari Radiasi, Debu dan Partikel Kecil Lainnya

Pada pekerjaan berat, debu tentu saja akan selalu ada. Apalagi jika pada konstruksi bangunan, debu dan segala partikel bahan bangunan kecil akan berterbangan. Hal ini tentunya sangat berbahaya karena, apabila sampai masuk mata bisa fatal akibatnya. Bukan hanya Anda yang akan dirugikan melainkan, teman kerja Anda juga ikut menanggung hasilnya.

3. Melindungi dari Sinar yang Terlalu Terang

https://www.uvex-safety.co.id/en/products/safety-glasses

Mengelas sudah pasti selalu berhubungan dengan api dan panas. Ini bukan berarti hanya tangan saja yang harus dilindungi. Kesehatan mata juga sangat perlu. Salah satu hal yang paling mudah dilakukan untuk melindungi bagian mata ini adalah memakai kacamata pengaman.

4. Membuat Mata Tetap Fokus

Hilangnya gangguan yang dirasakan pada mata serta perasaan yang menjadi lega karena aman, sisi baiknya adalah fokus. Dengan hilangnya semua hal yang mengkhawatirkan serta menjadi hambatan, sudah pasti kurang fokus bukan?

Nah, dengan adanya safety glasses semua kekhawatiran itu hilang. Anda bisa fokus terhadap pekerjaan dan tidak mudah teralihkan perhatiannya.

Itu dia alasan mengapa kacamata safety sangat penting digunakan. Dikarenakan terlalu penting, sampai-sampai ada peraturan yang mengaturnya. Dengan begini semoga Anda menjadi lebih rajin menggunakan kacamata pengaman.

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h2″ question-0=”Mengapa kacamata safety sangat penting untuk pekerjaan berat?” answer-0=”1. Perlindungan area mata 2. Menjaga mata dari radiasi, debu, dan partikel kecil lainnya 3, Melindungi dari sinar yang terlalu terang 4. Membuat mata tetap fokus” image-0=”” headline-1=”h2″ question-1=”Apa pangertian Safety Glasses?” answer-1=”Safety glasses tidak hanya bertujuan untuk melindungi mata dari partikel kecil seperti debu yang berterbangan saja. Fungsi safety goggles lebih dari itu karena juga digunakan untuk melindungi dari zat kimia, gas, atau radiasi cahaya. Kekuatan dari kacamata pengaman ini jauh lebih kuat dari kacamata biasa atau resep dokter. Bagi Anda yang memiliki kondisi mata minus atau plus bisa menggunakan kacamata pengaman pada bagian luar. ” image-1=”” headline-2=”h2″ question-2=”Jelaskan Peraturan Menteri yang mengatur kacamata safety?” answer-2=”Saking pentingnya penggunaan kacamata pengamanan dalam pekerjaan yang memiliki resiko tinggi, ada dasar PMK yang mengaturnya. Peraturan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 52 Tahun 2018. Satu lagi peraturan yang membahas hal itu adalah Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. 8 Tahun 2010. Dalam kedua aturan tersebut membahas mengenai seperti apa seharusnya kacamata pengaman berfungsi. ” image-2=”” count=”3″ html=”true” css_class=””]