Kasus Lili Pintauli Harus Diselesaikan Secara Transparan

by

in

JawaPos.com – Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat menyorot terkait kasus pelanggaran etik yang dilakukan oleh Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Lili Pintauli Siregar. Menanggapi hal tersebut, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD meminta agar, lembaga antirasuah bisa bijak menyelesaikan kasus yang menimpa Lili Pintauli Siregar.

“KPK harus menyikapi isu tersebut secara bijak. Penyikapan itu karena isunya disoroti oleh Kemlu AS, tapi juga karena hal tersebut sudah menjadi isu di dalam negeri kita sendiri,” ujar Mahfud kepada wartawan, Senin (18/4).

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) mengungkapkan, kasus ini juga perlu diselesaikan secara transparan oleh Dewan Pengawas KPK. Jika misalnya Lili Pintauli Siregar terbukti lakukan pelanggaran, maka harus diberikan sanksi. Begitu juga sebaliknya.

“Ya selesaikan secara transparan dan tegas, tak perlu ada yang ditutup-tutupi. Dewas harus menunjukkan sikap tegas kepada publik. Kalau Lili Pintauli salah, harus dijatuhi sanksi, tapi kalau benar dia harus dibela,” katanya.

Menurut Mahfud, jangan sampai muncul ketidakpercayaan publik terkait kasus yang dilakukan oleh Lili Pintauli Siregar tersebut. Sehingga penyelesaian secara transrapan dan mengedapankan keterbukaan harus dilakukan.

“Jangan sampai terjadi public distrust (ketidakpercayaan publik), tapi juga jangan sampai terjadi demoralisasi dan ketidaknyamanan di internal KPK,” ungkapnya.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Gunawan Wibisono


Credit: Source link