Ke Australia, Korlantas Studi Demi Siapkan Master Trainer SDC

by

in
Ke Australia, Korlantas Studi Demi Siapkan Master Trainer SDC

Korlantas Polri lakukan study banding ke Australia untuk mengembangkan Safety Driving Centre (SDC). (Foto : Jurnas/Ist).

Jakarta, Jurnas.com- Polri khususnya Korlantas terus mengembangkan Safety Driving Centre (SDC) sebagai wujud implementasi keselamatan dalam berlalu lintas. Direktur Keamanan dan Keselamatan (Dirkamsel) Korlantas Polri Brigjen Pol Chryshnanda Dwilaksana mengungkapkan tujuannya untuk membangun budaya tertib lalu lintas hingga menurunkan tingkat fatalitas kecelakaan.

“Polri mengimplementasikan SDC untuk membantu Pemerintah dan wujud meningkatkan kualitas keselamatan, menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan dan mendukung terbangunnya budaya tertib berlalu lintas bahkan untuk menyelesaikan berbagai masalah lalu lintas lainnya,” ujar Chryshnanda melalui pesan tertulis yang diterima jurnas.com, Rabu (16/10).

Chryshnanda menuturkan SDC dibangun dan dipersiapkan menjadi wahana dan wadah pembelajaran untuk beberapa elemen. Antara lain, petugas pengawalan VVIP / VIP, penguji SIM, instruktur sekolah mengemudi, petugas Patwal dan PJR, pengemudi profesi, hobby serta calon pengemudi.

Ke Australia, Korlantas Studi Demi Siapkan Master Trainer SDC

“Ada lagi untuk road safety riset and development, penanganan bencana, pengemudi ambulans, pemadam kebakaran, pembinaan komunitas, pameran teknologi, seminar dan hasil riset tentang road safety,” terang Chryshnanda

Baca juga.. :

SDC, kata Chryshnanda, merupakan kepedulian semua elemen dari pemerintah, akademisi dan sektor bisnis untuk menumbuhkembangkannya di Indonesia. Dia mencatat, ada beberapa poin yang harus disiapkan dalam mendukung implementasi SDC. Salah satunya menyiapkan master trainer untuk SDC dengan studi dengan Australia.

“Membuat grand design SDC dengan berbagai model variasinya. Membangun infrastruktur SDC setidaknya 1 disetiap propinsi. Menyiapkan master trainer dan trainer di setiap Polda hingga Polres. Menyiapkan materi pembelajaran dalam kurikulum latihan. Menyiapkan standar pengelolaan. Menyiapkan kendaraan latihan,” jelas Chryshnanda

“Menyiapkan konsorsium dan komunitas sebagai mitra dan soft power SDC. Menyiapkan sistem terpadu bagi sekolah mengemudi sistem uji SIM dan sistem penerbitan SIM. Memikirkan dan menyiapkan laboratorium pusat studi research and development road safety. Membangun SDC sebagai jabatan fungsional. Memasarkan SDC agar menjadi ikon road safety,” sambungnya.

Chryshnanda menyebutkan SDC yang sudah beroperasi dan difungsikan maksimal ada di wilayah Riau. Sedang dalam pembangunan tahun ini, ada Pusdiklantas di Serpong dan Wilayah Gorontalo.

TAGS : Korlantas Polri Road Safety Chryshnanda Dwilaksana

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/60996/Ke-Australia-Korlantas-Studi-Demi-Siapkan-Master-Trainer-SDC/