Kekayaan Kain Tenun dan Songket Kawin Lewat Koleksi Terbaru Mel Ahyar

Kekayaan Kain Tenun dan Songket Kawin Lewat Koleksi Terbaru Mel Ahyar

JawaPos.com – Indahnya kain wastra nusantara seperti tenun dan songket menjadi daya tarik tersendiri bagi para pencinta fashion. Desainer Mel Ahyar kembali lagi mempersembahkaN keunikan kain nusantara dengan memadukan kombinasi 12 motif tenun dan songket se-Indonesia.

Dengan menggandeng Rabbanin Project dan Cita Tenun Indonesia, Mel Ahyar meluncurkan koleksi Archipelago ‘Kawin Campur’ Lestarikan Kain Nusantara Indonesia. Pada koleksi ini Mel Ahyar mengawinkan beberapa motif tenun dari beragam suku Indonesia ke dalam satu rupa, untuk menyatukan dan melestarikan perbedaan tradisi dan budaya.

“Filosofi ‘kawin campur’ terinspirasi dari budaya pernikahan tempo dulu yang dinilai sebagai cara paling efektif dalam melestarikan perbedaan budaya dan menjalin keharmonisan,” katanya kepada wartawan baru-baru ini.

Dengan menggandeng Rabbanin Project dan Cita Tenun Indonesia, Mel Ahyar meluncurkan koleksi Archipelago ‘Kawin Campur’ Lestarikan Kain Nusantara Indonesia. (ISTIMEWA)

Ditambah lagi, menurut Mel Ahyar, motif tenun di berbagai penjuru Indonesia memiliki ciri khas dan karakter tersendiri. Ketika digabungkan dan diberikan twist dengan gaya siluet yang ekstra, potongan tegas, serta detil-detil buatan tangan khas Mel Ahyar akan menghasilkan kekuatan magis dari sisi seni dan budaya.

“Keragaman budaya Indonesia tak pernah putus memberikan inspirasi bagi desainer untuk berkarya. Perbedaan yang dipadukan dengan harmonis dapat melahirkan sebuah karya dan inovasi. Indonesia negara besar dan kaya budaya yang harus dilestarikan oleh generasi penerus, tentunya lewat karya-karya yang dapat mengharumkan nama bangsa,” ujar Mel Ahyar.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani


Credit: Source link

Related Articles