Kemenag Buka Rekruitmen Fasilitator PKB Guru Madrasah

by

in

JawaPos.com – Kementerian Agama (Kemenag) membuka rekrutmen Fasilitator Daerah (Fasda) Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Madrasah untuk Daerah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal) dan Perbatasan di lima provinsi.

Pendaftaran telah dimulai 1 Juli 2022 hingga 15 Juli 2022. Calon pendaftar bisa mengakses lama https://madrasahreform.kemenag.go.id/fasilitatorpkb untuk mendapat informasi lebih lanjut.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Madrasah Reform yang dikelola Ditjen Pendidikan Islam Kemenag. Progam ini merupakan hasil kerja sama dengan Bank Dunia (World Bank). Program tersebut juga dikenal dengan Realizing Education’s Promise- Madrasah Education Quality Reform (REP-MEQR)

“Seleksi Fasda program PKB madrasah terbuka untuk semua guru, pengawas dan kepala madrasah di seluruh Indonesia,” kata Ketua PMU REP-MEQR Abdul Rouf kepada wartawan, Sabtu (9/7).

Ia menambahkan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dukungan pemerintah terhadap peningkatan mutu guru dan tenaga kependidikan yang berada di daerah 3T.

Sementara itu, Koordinator Komponen 3 pada PMU REP-MEQR Anis Masykur menjelaskan, Fasilitator Daerah direkrut oleh Distric Coordinating Unit /Kantor Kementrian Agama Kabupaten/Kota. Mereka disiapkan menjadi fasilitator kegiatan PKB bagi guru dan tenaga kependidikan di tingkat Kabupaten/Kota.

“Fasda program PKB Madrasah daerah 3T, kedepannya akan bertugas melatih guru di KKG/MGMP/MGBK/KKM/POKJAWAS baik moda tatap muka atau moda daring dengan menggunakan modul yang sudah disiapkan,” kata Anis.

Anis menambahkan, selanjutnya Kemenag akan mengumumkan peserta yang lolos administrasi pada 20 Juli 2022. Semua informasi akan disampaikan oleh panitia melalui laman https://madrasahreform.kemenag.go.id/fasilitatorpkb.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Sabik Aji Taufan


Credit: Source link