Kementerian BUMN Ajak Ibu-Ibu Pekerja di BUMN Untuk Membuka UMKM

JawaPos.com – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) berkolaborasi dengan PT Petrokimia Gresik, Pelindo dan PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) menggelar kegiatan ‘BUMN Bersama Keluarga Pekerja’, Kamis (2/3/2023). Sinergi BUMN ini dilakukan dengan membantu Ibu-ibu berwirausaha melalui program Mekaar (Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera). Lewat program ini diharapkan bisa meningkatkan ekonomi keluarga dan mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Acara ‘BUMN Bersama Keluarga Pekerja’ dihadiri langsung Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga bersama jajaran General Manager empat perusahaan BUMN.

Dari kegiatan tersebut, diharapkan para istri pekerja di BUMN ini mempunyai usaha, sehingga bisa membantu meningkatkan perekonomian keluarga. Langkah ini bagian dari upaya meningkatkan penghasilan rumah tangga karena pendapatan para pekerja di level bawah masih standar.

Sesuai arahan Menteri BUMN Erick Thohir agar BUMN ikut memulihkan ekonomi nasional setelah pandemi covid-19, upaya peningkatkan pendapatan melalui keluarga BUMN ini bisa membuka peluang usaha sehingga bisa ikut memulihkan ekonomi nasional.

General Manager TJSL – SIG Edy Saraya memberikan sambutan pada kegiatan ‘BUMN Bersama Keluarga Pekerja’, Kamis (2/3/2023). (SIG untuk JawaPos.com)

“Kita bertemu dengan istri-istri karyawan kita, pekerja di SIG dan Petrokimia dan sebagainya di level bawah yang pendapatannya masih standar. Dengan acara ini, mereka bisa kita bantu permodalan, ada pelatihan dan bisa usaha. Untuk membuat, para istri pekerja ini mempunyai usaha,” kata Arya.

Harapannya, dari pertemuan tersebut, istri-istri pekerja di BUMN ini mempunyai usaha untuk membantu keluarga. “Tujuannya, paling tidak bisa membantu keluarga, bisa untuk tambahan elpiji, sembako dan membayar listrik,” imbuhnya.

Sementara perwakilan salah satu BUMN dari SIG, GM TJSL – SIG Edy Saraya mengatakan, kegiatan sinergi empat BUMN ke Gresik ini sebagai bentuk komitmen BUMN untuk selalu hadir di tengah masyarakat dalam bentuk pembinaan dan pemberdayaan masyarakat.

Para istri pekerja BUMN mendapatkan bantuan sembako seusai mengikuti kegiatan ‘BUMN Bersama Keluarga Pekerja’, Kamis (2/3/2023). (SIG untuk JawaPos.com)

“Harapannya kita bisa tumbuh dan berkembang memulai usaha agar bangkit dari covid-19 guna mendukung pemulihan ekonomi nasional sesuai arahan Menteri BUMN Erick Thohir,” kata Edy Saraya.

Selain menggelar penyuluhan  kepada para istri pekerja BUMN, kegiatan ini juga dilanjutkan dengan pembagian sembako gratis sejumlah 500 paket sembako meliputi beras 5 Kg, gula 1 Kg, minyak 1 Liter kepada ibu-ibu istri pekerja OS di BUMN. Hal itu untuk membantu keluarga dalam kebutuhan sehari-hari. “Semoga bisa membantu keluarga dalam kebutuhan sehari-hari,” pungkas Edy Saraya.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : ARM


Credit: Source link