Kementerian BUMN Bakal Bentuk Holding Sertifikasi

Kementerian BUMN Bakal Bentuk Holding Sertifikasi

JawaPos.com – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berencana menyatukan beberapa perusahaan pelat merah kembali menjadi sebuah holding. Wakil Menteri BUMN I Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan, nantinya akan ada perusahaan pelat merah yang bergerak di bidang testing, inspeksi, dan sertifikasi.

Budi menyebut, holding tersebut akan berisi 3 BUMN yakni PT Biro Klasifikasi Indonesia, Sucofindo dan Surveyor Indonesia. Bisnis ini melakukan uji terhadap segala macam standar yang memang diperlukan untuk semua jenis industri.

“Kementerian BUMN sudah memutuskan akan dibentuk holding dari ketiga BUMN ini,” ucapnya dalam sebuah webinar, Kamis (19/11).

Budi menjelaskan, Biro Klasifikasi Indonesia akan ditunjuk menjadi induk dari holding yang akan dibentuk. Sementara Sucofindo dan Surveyor Indonesia akan bergabung di bawahnya yang kemudian diintegrasikan secara menyeluruh.

“Mudah-mudahan dengan skala yang semakin besar buat kita mampu mengadopsi teknologi baru dan juga mampu masuk ke bisnis baru yang membutuhkan sertifikasi dan testing,” jelasnya.

Menurutnya, saat ini cukup banyak peluang dari berbagai sektor usaha untuk bisnis sertifikasi dan testing. Salah satunya, sektor transportasi seperti pelabuhan yang membutuhkan sertifikasi untuk berbagai sektor keamanan. Terlebih lagi di masa pandemi Covid-19 yang mementingkan keamanan kesehatan.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Romys Binekasri


Credit: Source link

Related Articles