Kenaikan Harga Komoditas Jadi Angin Segar Buat Rupiah Hari Ini

Kenaikan Harga Komoditas Jadi Angin Segar Buat Rupiah Hari Ini

JawaPos.com – Pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) hari ini kembali berpeluang menguat karena aset beresiko terlihat membaik. Mengutip kurs tengah Bank Indonesia (BI) rupiah saat ini berada di level Rp 14.245 per dolar AS.

“Nilai tukar rupiah berpeluang menguat karena sentimen pasar terhadap aset berisiko terlihat membaik pagi ini dengan kenaikan indeks saham,” kata analis keuangan Ariston Tjendra kepada JawaPos.com, Rabu (7/10).

Ariston menjelaskan, penguatan nikai tukar mata uang Garuda juga didorong oleh kenaikan harga komoditas yang masih menjadi pendorong utama kenaikan surplus neraca perdagangan Indonesia.

“Harga komoditas yang menaik juga bisa membantu penguatan rupiah,” ucapnya.

Namun, disisi lain, pergerakan rupiah juga dibatasi oleh ekspektasi tapering AS yang masih membayangi pergerakan nilai tukar. “Kemarin data tenaga kerja AS dirilis lebih bagus dari ekspektasi. Hal ini bisa menguatkan ekspektasi tapering di bulan November,” tuturnya.

Ekspektasi ini juga terefleksi di yield obligasi pemerintah AS tenor 10 tahun tang terlihat menaik di atas 1,5 persen. Hal ini bisa menekan rupiah menjadi melemah terhadap dollar AS hari ini. “Hari ini nilai tukar rupiah mungkin bisa menguat ke kisaran 14.240 dengan potensi pelemahan ke kisaran 14.280,” pungkasnya.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Romys Binekasri


Credit: Source link

Related Articles