Kerja Sambil Kuliah, Ini Delapan Pekerjaan yang Bisa Dicoba Mahasiswa

Pekerjaan
Ilustrasi. (BP/dok)

DENPASAR, BALIPOST.com – Ketika uang bulananmu sudah habis sebelum waktunya, mungkin kamu bingung harus bagaimana. Apalagi jika kamu merasa tidak enak meminta uang ke orang tua sebelum waktunya.

Atau mungkin kamu ingin mulai belajar mandiri karena sudah dewasa, tapi bingung harus mulai dari mana.
Nah, kamu bisa mencoba mencari pekerjaan untuk mendapatkan uang tambahan.

Meski kamu masih mahasiswa dan belum mendapatkan ijazah, ada beberapa pekerjaan yang bisa kamu coba. Ini dia delapan pekerjaan yang bisa kamu coba untuk mendapatkan uang tambahan :

1. Part Time

Part time atau paruh waktu artinya kamu hanya perlu bekerja setengah hari. Saat ini, banyak perusahaan yang membuka lowongan part time.

Biasanya lowongan pekerjaan part time bisa kamu temukan di café atau coffee shop sebagai barista atau kasir, bisa juga di toko-toko sebagai kasir atau penjaga toko. Pekerjaan ini cocok untuk kamu yang memiliki banyak waktu luang selain untuk kuliah.

2. Freelance

Kalau kamu memiliki keterampilan, tapi tidak ingin terikat dengan sebuah perusahaan atau orang lain, kamu bisa mencoba menjadi freelancer. Saat ini, profesi freelancer cukup banyak diminati.

ada banyak bidang yang bisa kamu geluti di sini sesuai kemampuan dan keterampilan kamu, sepert web developer, copy writer, content writer, hingga digital marketing. Pekerjaan ini cocok untuk kamu yang tidak ingin terikat karena waktunya yang lebih fleksibel.

3. Mengajar

Menjadi guru les juga menjadi pilihan yang menarik. Kamu bisa mencoba menawarkan les ke orang-orang terdekat atau bisa juga mencari lowongan guru les di situs-situs job seeker. Jika kamu masih mengingat materi-materi untuk ujian masuk perguruan tinggi, kamu bisa menjadi guru les untuk anak-anak yang akan mengikuti ujian masuk perguruan tinggi. Selain itu, kamu juga bisa menjadi guru les untuk anak-anak sekolah.

4. Join Affiliate

Affiliate marketing merupakan suatu metode pemasaran atau bisnis di mana seseorang yang bertugas sebagai afiliator akan mendapatkan sejumlah komisi setelah berhasil mempromosikan produk dari merchant. Cara kerjanya cukup mudah, tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga, bahkan dapat dilakukan dari rumah. Saat ini, banyak platform jual beli online yang mencari afiliator, seperti Shopee, Tokopedia, hingga Gramedia.

5. Berjualan

Kalau kamu punya ide bisnis, kamu bisa mencoba berjualan, baik itu berjualan offline atau online. Meski nantinya akan banyak tahapan naik turun atau trial and error, tidak ada salahnya untuk mencoba. Jika kamu tertarik berjualan, tapi belum ada modal, kamu bisa menjadi dropshipper.

6. Mengirim Tulisan ke Media

Kemampuanmu dalam menulis juga bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan uang tambahan. Saat ini ada banyak media yang mau membayar untuk sebuah tulisan. Kamu bisa mencoba untuk mengirim tulisanmu ke media-media tersebut.

7. Mengikuti Lomba

Selain mengasah skill dan menambah pengalaman di CV, mengikuti lomba juga berpotensi untuk mendapatkan uang jika menjadi juara. Beberapa lomba bahkan menawarkan jumlah uang yang besar untuk para juara. Meski tidak mudah, tidak ada salahnya untuk mengikuti lomba karena ada banyak hal yang bisa kamu dapatkan.

8. Menjadi Asisten Dosen

Tidak perlu jauh-jauh mencari pekerjaan, kamu juga bisa menjadi asisten dosen. Selain mendapatkan uang, kamu juga bisa sambil belajar dan mendapatkan pengalaman, tentu saja citramu di mata dosen juga akan bagus.

Meski kamu membutuhkan uang, tapi tetap jangan lupakan kewajibanmu untuk belajar dan kuliah. (kmb/balipost)

Credit: Source link