Ketua DPR Tegaskan Pembangunan Diarahkan untuk Indonesia Maju

by

in
Ketua DPR Tegaskan Pembangunan Diarahkan untuk Indonesia Maju

Ketua DPR, Puan Maharani

Jakarta, Jurnas.com – Ketua DPR Puan Maharani menyebut politik pembangunan nasional harus diarahkan untuk mewujudkan Indonesia Maju di segala bidang.

Hal itu disampaikannya saat membacakan pidato pada Sidang Tahunan MPR, Sidang Bersama DPR-DPD, dan Pidato Kenegaraan Presiden di Ruang Sidang Paripurna, Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (14/8).

“Indonesia Maju, yang menjadi tema dalam peringatan Hari Kemerdekaan RI yang ke-75, merupakan tekad kita semua untuk dapat mengarahkan politik pembangunan nasional kita untuk dapat segera mewujudkan Indonesia yang maju di segala bidang,” kata Puan.

Adapun untuk mempercepat terwujudnya Indonesia Maju, politikus PDI Perjuangan ini menyebut Indonesia harus lebih dahulu memiliki arah politik pembangunan yang jelas.

“Dalam mewujudkan tujuan bernegara diperlukan politik pembangunan untuk dapat mengelola, mengatur, dan mengendalikan sumber daya bangsa dan negara, yang diarahkan untuk membangun kekuatan nasional,” kata Puan.

Baca juga.. :

“Pembangunan tanpa arah politik yang jelas ibarat kapal tanpa kompas. Pembangunan tanpa dipimpin oleh visi dan misi politik pembangunan yang jelas ibarat kapal tanpa nakhoda, yang akan hancur karena membentur karang atau tenggelam karena diterjang badai,” tuturnya.

Puan juga menyebut tantangan mewujudkan Indonesia Maju menjadi kompleks mengingat dunia saat ini berada pada era kemajuan zaman yang sangat dinamis dan terbuka secara sosial, budaya, ekonomi, dan politik, serta persaingan global yang kian tajam.

“Kita harus dapat bergerak cepat seiring dengan cepatnya perkembangan peradaban dunia di berbagai bidang,” kata Puan.

“Politik pembangunan kita ke depan hendaknya dapat diarahkan untuk mempercepat pembangunan manusia Indonesia, memperkuat industri pangan nasional, penataan industri nasional yang kuat, pemerataan pembangunan infrastruktur, serta optimalisasi reformasi birokrasi,” katanya.

Selama 75 tahun merdeka, Puan menyebut Indonesia telah mencapai banyak kemajuan. Namun di sisi lain, pandemi Covid-19 juga memperlihatkan bahwa masih banyak ruang yang masih bisa ditingkatkan ke depannya.

“Kita masih perlu meningkatkan pelayanan kesehatan yang lebih merata, memperkuat sistem penanggulangan bencana, menyempurnaka sistem jaminan sosial, memperkuat regulasi untuk mencegah krisis ekonomi, serta dibutuhkannya regulasi yang dapat menselaraskan otoritas kebijakan fiskal dan otoritas kebijakan moneter dalam menghadapi krisis ekonomi,” ucapnya.

Secara khusus Puan menyoroti pelaksanaan Pilkada serentak 2020 sebagai momentum munculnya kepala daerah terbaik di setiap daerah.

“Kita mengharapkan agar seluruh masyarakat yang akan menjalankan Pilkada serentak untuk aktif berpartisipasi demi terpilihnya kepala daerah terbaik yang mampu membangun kemajuan di daerahnya,” kata Puan.

“Kita juga berharap agar partai politik turut berperan aktif dalam memberi teladan bagaimana berpolitik secara demokratis berdasarkan Pancasila,” ujarnya.

TAGS : Warta DPR Ketua DPR Puan Maharani Sidang Tahunan MPR Pidato Presiden Jokowi

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/77046/Ketua-DPR-Tegaskan-Pembangunan-Diarahkan-untuk-Indonesia-Maju/