Kita Semua Orang Daerah, Enggak Ada yang dari Langit

by

in

JawaPos.com – Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional di Gedung Merdeka, Kota Bandung, Kamis (2/3). Acara yang dihadiri langsung Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) ini diikuti seluruh pengurus DPD Partai Hanura se-Indonesia. Hadir pula Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam kegiatan tersebut.

Dalam Rakornas yang digelar sejak 2-4 Maret 2023, Hanura mengangkat tema “Membangun Daerah dengan Hati Nurani”. OSO menekankan, Hanura saat ini dan seterusnya akan berpihak pada daerah.

“Sudah berulang kali saya katakan bahwa kemakmuran bangsa Indonesia bisa makmur bila daerah-daerah sudah makmur. Jadi, jika (daerah) belum makmur maka sulit kami katakan Indonesia sudah makmur dan merdeka dari ekonomi,” ujar OSO dalam keterangan tertulisnya kepada JawaPos.com.

OSO juga mengklaim, Hanura memang sudah sejak awal memperkuat kader untuk memperhatikan daerah agar terjadi pembangunan yang merata.

“Kita semua orang daerah, Enggak ada yang dari langit? Nah, karena semuanya dari daerah maka tentu seseorang akan bangga bila daerahnya masing-masing terjadi perubahan ke arah kemajuan. Berpihaklah pada daerah, tapi ingat jangan daerahisme,” tegasnya.

Dalam Rakornas tersebut, OSO mengajak para kadernya untuk mencintai dirinya masing-masing dahulu, kemudian mencintai hatinya dan menanamkan rasa memiliki daerahnya.

“Hanya dengan daerah, Indonesia itu maju. Paling penting, manusia di Indonesia ini membutuhkan lapangan pekerjaan, maka lapangan pekerjaan penting karena banyak di kita ini mengirimkan tenaga kerja ke luar negeri. Maka, ini peran BP2MI (Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia), untuk mempelajari dan menyalurkan tenaga kerja untuk membawanya kembali dengan memberikan skill mumpuni,” kata OSO.

Saat disinggung mengenai calon presiden yang bakal diusung oleh Hanura pada Pemilihan Umum 2024, OSO mengemukakan, sosok pemimpin yang berasal dari daerah manapun di Tanah Air.

“Dari dahulu tentu calon presiden atau wakil dari daerah. Nah kalau soal siapa calonnya, nanti kita berunding dahulu,” pungkasnya.

Editor : Eko Dimas Ryandi


Credit: Source link