Kita Telah Lewati Masa Tersulit

JawaPos.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta masyarakat lebih optimistis pada 2021. Meskipun pandemi Covid-19 masih berlangsung, namun terdapat secercah harapan bahwa tahun ini badai krisis akan berlangsung pulih.

Jokowi memandang, Indonesia telah melewati tahun terberat dan tersulit yang terjadi sepanjang 2020. Pertumbuhan ekonomi pun kini berangsur membaik setelah mengalami resesi tahun lalu.

“Kita sudah menjalani 1 tahun masa tersulit akibat pandemi Covid-19. Kita sudah melampaui masa tersulit pertumbuhan ekonomi kita,” ujarnya secara virtual, Kamis (25/2).

Dengan demikian, Jokowi yakin 2021 dapat menjadi lembaran baru untuk tahun pemulihan. Jokowi berharap seluruh pihak optimistis menghadapi tahun ini.

Dia mengajak masyarakat menyambut 2021 dengan antusias dan bekerja keras, mengembalikan keadaan normal. “Yang harus kita sambut dengan optimisme, antusias, dan kerja keras penuh keberanian,” ucapnya.

Jokowi menambahkan, lembaga-lembaga internasional seperti IMF, Bank Dunia hingga OECD juga telah mengeluarkan proyeksinya terkait pertumbuhan ekonomi RI. Diperkirakan ekonomi RI tumbuh sekitar 4-5 persen tahun ini.

“Syaratnya sederhana, energi bangsa harus bersatu dan fokus menangani krisis kesehatan dan mendongkrak ekonomi berkualitas,” pungkasnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri


Credit: Source link