Kolaborasi dengan Gaya ‘Oppa’, Intip Koleksi Batik Pria Iwan Tirta

Kolaborasi dengan Gaya ‘Oppa’, Intip Koleksi Batik Pria Iwan Tirta

JawaPos.com – Ketika batik dikenakan oleh ‘oppa‘ Korea Selatan, ternyata padu padannya jauh lebih keren dan kekinian. Gaya itulah yang menginspirasi desainer tanah air Iwan Tirta menggandeng Desainer Luxury Menswear Korea Selatan Kim Seo Ryong.

Kim Seo Ryong, desainer asal Korea Selatan yang popularitasnya tidak asing lagi bagi Lee Min Ho dan BTS, identik dengan koleksi luxury menswear. Hal tersebut membuat karyanya tidak hanya digandrungi para artis papan atas Korea, melainkan juga diketahui oleh penggemar artis-artis tersebut di berbagai belahan dunia.

“Dalam rangka menggalakkan diplomasi ekonomi kreatif subsektor Batik, KBRI Seoul bangga memfasilitasi label batik maestro Indonesia, Iwan Tirta Private Collection (ITPC) dengan Kim Seo Ryong (KSR). Kolaborasi ini mencerminkan bahwa batik tidak hanya sebagai warisan budaya bangsa tetapi juga wearable arts dan produk kreatif menerima sambutan hangat oleh masyarakat Korea Selatan,” kata Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Korea Gandi Sulistiyanto, dalam peluncuran kolaborasi Kim Seo Ryong dengan Iwan Tirta Private Collection baru-baru ini.

Peluncuran ini menandai Festival Indonesia 2022 yang mempromosikan sektor ekonomi kreatif dan budaya Tanah Air di negeri ginseng. Koleksi ini menggunakan batik tulis.

 

Batik Tulis Jadi Kebanggaan

 

Untuk koleksi terbaru Resort Collection 2022/23, Kim Seo Ryong berkolaborasi dengan label batik maestro Indonesia, Iwan Tirta Private Collection (ITPC). Kolaborasi ini baginya adalah sebuah perspektif redefinisi menswear modern melalui batik.

Kim Seo Ryong awalnya merupakan seorang pelukis. Ia mengapresiasi tinggi batik, terutama batik tulis yang dikerjakan secara manual.

Menurutnya, mengolah karya dari kain batik merupakan sebuah tantangan karena terkadang ukuran kainnya terbatas serta memiliki motif yang juga sakral misalnya motif tersebut peletakannya harus sesuai dengan pakem dan tidak boleh ada yang terbalik atau salah penempatan. Motif-motif batik muncul dalam berbagai potongan, mulai dari bomber jacket, flare pants, jas hingga long coat dalam proporsi yang konseptual.

Motif-motif Nusantara bernuansa cerah banyak dipilih oleh Kim, yang menurutnya memiliki kesan timeless dan sesuai untuk kalangan mapan di Korea Selatan. Pemilihan warna terang atau motif yang ikonik, dengan siluet busana yang arsitektural dan dekonstruktif, memberi napas baru penampilan busana pria yang memberi inspirasi.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Marieska Harya Virdhani


Credit: Source link

Related Articles