Konferensi Internasional PAUD Akan Dihadiri 15 Negara

by

in
Konferensi Internasional PAUD Akan Dihadiri 15 Negara

Dirjen PAUD dan Dikmas Harris Iskandar

Jakarta, Jurnas.com – Konferensi Internasional Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Keluarga yang diselenggarakan di Jakarta pada 4-7 November 2019 nanti akan dihadiri 15 negara.

Direktur Jenderal PAUD dan Pendidikan Masyarakat Harris Iskandar mengatakan, kegiatan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan mutu layanan PAUD dan pendidikan keluarga untuk para pelaku pendidikan.

Dikatakan, pemerintah Indonesia menyadari bahwa PAUD dan pendidikan keluarga merupakan dua elemen yang tidak dapat dipisahkan, namun masing-masing memiliki fokus kajian.

Oleh karena itu, lanjutnya, dalam waktu yang bersamaan keduanya dibahas dalam sebuah seminar berskala internasional dengan menghadirkan narasumber, para pakar dari berbagai akademis, praktisi dan penggiat nasional dan internasional di bidang PAUD dan pendidikan keluarga.

“Kami berharap seminar ini dapat memberi dampak positif bagi pengembangan dan peningkatan layanan PAUD dan pendidikan keluarga,” kata Dirjen PAUD pada Sabtu (2/11).

Baca juga.. :

Secara keseluruhan, seminar akan dihadiri oleh 500 peserta. Seminar ini diikuti oleh 15 negara dan dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian Pendidikan, akademisi, praktisi dan penggiat PAUD dari Afganistan, Australia, Banglades, Filipina, Kamboja, Korea Selatan, Madagaskar, Maroko, Perancis, Tajikistan, Thailand, Timor Leste, dan Yaman.

Sedangkan peserta dari dalam negeri berasal dari para penggiat PAUD dan pendidikan keluarga, akademisi, pendidik, tenaga kependidikan, dan organisasi mitra.

Yang menjadi pembeda dari seminar kali ini ialah seluruh peserta mengirimkan makalah akademik dan empirik dari 10 topik yang telah ditentukan.

Kesepuluh topik tersebut yakni: Perkembangan Digital di Bidang PAUD dan Pendidikan Keluarga; Akses, Prtisipasi dan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini; Kurikulum dan Pedagogi PAUD; PAUD dan Pendidikan Keluarga dalam Mengembangkan Kesiapan Sekolah; dan Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini.

Juga, Isu Gender di PAUD dan Pendidikan Keluarga; Landasan Filosofis PAUD; Kepemimpinan, Guru dan Tenaga Kependidikan; Kelas Pendidikan Keluarga di Satuan PAUD; dan, 1.000 Hari Kehidupan Pertama.

Hingga hari ini, jumlah abstrak yang dikumpulkan secara daring mencapai 227 naskah. Sedangkan yang akan diterbitkan dan dipublikasi melalui jurnal internasional Atlantis Perss tercatat hanya 50 naskah.

TAGS : Harris Iskandar Konferensi PAUD Internasional Kemdikbud

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/61889/Konferensi-Internasional-PAUD-Akan-Dihadiri-15-Negara/