Konsumsi Frozen Food Aman, Asalkan…

Indopos.co.id – Di era pandemi COVID-19 ini, masyarakat banyak yang enggan ke luar rumah, meskipun hanya sekada mencari makan. Efeknya, banyak warga yang memilih menyetok makanan yang dibekukan atau frozen food untuk memudahkan dalam mengkonsumsi setwaktu-waktu. Tinggal digoreng atau dikukus. Frozen food bisa berupa nugget, rendang, teriyaki, bahkan hingga gorengan. Namun amankah mengkonsumsi makananan beku?

Dokter Spesialis Gizi RS. Pelni, dr. Jovita Amelia mengatakan frozen food siap santap harus dikonsumsi sesuai dengan aturan yang tertera pada kemasan. Yang harus diperhatikan adalah konsumen harus menyimpan berdasarkan suhu yang telah ditetapkan.

“Frozen food yang cara penyimpanannya baik jadi suhu tepat, lamanya juga sesuai, dan tidak memakai pengawet yang berbahaya serta tidak dicairkan berkali-kali terbilang aman,” kata dr. Jovita saat dihubungi, Rabu (16/9/2020).

“Tetapi biasanya makanan cepat jadi seperti ini tinggi garam dan kandungan garam ini berbahaya terutama pada penderita hipertensi dan gangguan ginjal,” ujar dr. Jovita melanjutkan.

Dari sisi nutrisi, frozen food siap santap akan dipengaruhi dengan cara memasaknya dan memanaskan. Jika frozen food berisi sayuran dan dimasak kembali dengan suhu yang tinggi, maka kandungan nutrisinya akan berkurang.

“Jadi kandungan nutrisinya tergantung cara memasaknya dan cara memanaskannya. Contoh sayuran yang dimasak dengan suhu tinggi akan kehilangan beberapa kandungan vitamin dan mineralnya terutama vitamin C. Terlebih jika dipanaskan ulang maka kandungan beberapa vitamin dan mineral akan lebih berkurang lagi,” kata dr. Jovita.

dr. Jovita mengatakan jika ingin membeli frozen food siap santap, pilihlah yang kandungan nutrisinya baik. Hal ini dapat dilihat pada bagian kemasannya.

Selain itu, simpanlah makanan tersebut sesuai dengan suhu yang dianjurkan dan usahakan tidak menyimpan terlalu lama. (ant)

Credit: Source link