Kontes modifikasi BlackAuto Battle 2022 digelar di Pantai Pandawa Bali

Jakarta (ANTARA) – Pulau Bali menjadi tuan rumah seri ke-2 kontes modifikasi BlackAuto Battle 2022 yang dihelat dengan tema “Real competition, True Champion”.

Mengambil lokasi di Pantai Pandawa, Bali, BLACKXPERIENCE.COM menjadikan Bali sebagai tuan rumah East Region, karena dianggap mampu memberikan cita rasa berbeda dalam dunia car tuning yang kini memang sedang digandrungi anak muda Indonesia kebanyakan.

“Animo Bali dan sekitarnya sangat baik, terbukti semua slot pertandingan terisi maksimal terutama pada kelas Contest dan Culture,” terang Boy Prabowo perwakilan pelaksana BlackAuto Battle dalam siaran resmi, Sabtu.

Keindahan alam pantai Pandawa menjadi latar belakang pelaksanaan ajang modifikasi karena Bali memiliki kemajuan yang pesat di sektor industri car tuning, seiring semakin mudahnya akses transportasi serta informasi.

Hal itu dibuktikan dengan semakin banyaknya rumah-rumah modifikasi, installer dan bagian industri car tuning lainnya yang membangun bisnisnya di pulau ini.

Baca juga: Kontes modifikasi Hot Wheels Legends Tour hadir di Indonesia

Baca juga: Honda gelar kontes modifikasi motor online

Kontes modifikasi BlackAuto Battle 2022 digelar di Pantai Pandawa Bali (ANTARA/HO)

Gandeng APACT Sebagai Wadah Penjurian

BlackAuto Battle seri Bali di Pantai Pandawa menyuguhkan kompetisi modifikasi dan car audio yang berbeda dari kompetisi yang ada di Indonesia. Pengkategorian lomba, sistem pertandingan, penjurian, metode penilaian serta aturan lainnya dalam kompetisi ini sudah dirancang sedemikian rupa dengan mengedepankan aspek fairness dan terukur dengan baik.

“Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dan dengan event lain tentunya, BlackAuto Battle 2022 menggandeng tiga asosiasi Internasional untuk terlibat langsung melakukan penjurian pada kelas Black Out Loud yaitu EMMA (Eropa), CAN (Indonesia/Asia) dan MECA (Amerika),” tambah Boy Prabowo.

Untuk Bali sendiri, ini merupakan kali pertama bagi peserta di sana merasakan langsung aroma kompetisi dengan tiga asosiasi sekaligus.

Menggandeng asosiasi APACT (Asia Pacific Car Tuning) sebagai wadah penjurian, merupakan sebuah hal baru dan pertama kali dilakukan BlackAuto Battle. Tujuannya agar penjurian dapat dilakukan dengan fair menggunakan metode terukur sehingga hasilnya dapat dipertanggung jawabkan.

“Masih menggandeng APACT sebagai asosiasi penjurian modifikasi, tahun ini kompetisi dibagi dalam dua kelas besar, yaitu “Contest” dan “Culture” yang disesuaikan dengan demand dan trend saat ini,” sambungnya.

Para juri merupakan tokoh-tokoh yang telah berpengalaman di bidangnya masing-masing dan telah teruji dalam berbagai kompetisi tingkat nasional dan internasional.

Sehingga bagi para pemenang di ajang ini memang pantas dan layak menyandang gelar “True Champion” serta menjadi trendsetter industri modifikasi Indonesia.

Black Out Loud

Black Out Loud terbagi dalam tiga kelas pertandingan yang mewakili genre berbeda, yaitu SQ, SQL dan SPL. SQ atau Sound Quality adalah sebuah genre hi-end dalam dunia car audio yang mencari tonal akusari, staging, imaging serta listening pleasure dengan menggunakan perangkat software yang sudah ditentukan.

Tahun ini Black Out Loud bekerjasama dengan tiga asosiasi sekaligus yaitu i-CAN (Indonesia Car Audio Network), EMMA (European Mobile Media Association) dan MECA (Mobile Electronic Competition Association).

Sementara SQL atau Sound Quality Loud adalah konsep penilaian penggabungan antara nilai SQ dan SPL dengan penilaian dilihat dan didengar diluar kabin mobil.

Juri SQL tahun ini adalah salah satu professional audio dibidang speaker builder, speaker dan pasif designer sekaligus salah satu international judge, Maslim Djanuanto.

Dan terakhir ada kelas SPL atau Sound Preassure Level, sebuah kompetisi adu kencang car audio dengan satuan desibel yang dikur dengan alat ukur profesional terbaru di dunia, Term Lab Magnum.

Sebagai informasi tambahan, Term Lab merupakan alat ukur yang digunakan oleh hampir semua asosiasi pertandingan car audio dunia, dan BlackAuto Battle mengunakan seri terbaru Magnum sekaligus menjadi event nasional pertama di Indonesia yang menggunakan alat ukur ini.

Ragam Hiburan

Para pecinta modifikasi yang hadir di BlackAuto Battle Bali, baik sebagai pengunjung maupun peserta disuguhkan oleh ragam acara yang tentunya menarik perhatian.

Selain bisa melihat langsung deretan display mobil-mobil canggih yang mengusung tema modifikasi terbaik, mereka juga dihibur dengan aksi-aksi panggung meriah yang dipandu oleh MC dalam suasana khas BlackAuto Battle.

Tidak ketinggalan aksi menggoda para peserta kontes BlackAuto Angel dalam menarik perhatian agar terpilih menjadi pemenang kontes.

Terakhir juga tidak ketinggalan deretan booth yang menghadirkan berbagai produk dan aksesoris terkemuka bernuansa otomotif lewat Black Market.

Baca juga: BlackAuto Battle musim 2022 kembali di gelar di Kota Solo

Baca juga: Black Auto Virtual Battle 2022 temukan pemenang

Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022

Credit: Source link