Korban Tewas Demo Baghdad Capai 100 Orang

Korban Tewas Demo Baghdad Capai 100 Orang

Demonstran Baghdad berhadapan dengan tembakan gas air mata dari pihak keamanan (foto: Israelnational)

Jakarta, Jurnas.com – Sekitar seratus orang tewas, sebagian besar pengunjuk rasa, 4.000 orang terluka, dan lebih dari 500 orang ditangkap akibat empat hari protes di Baghdad, Najaf, Missane, Zi Qar, Wassit, Diwaniya, Babel dan Basra.

Orang-orang, kebanyakan orang muda, turun ke jalan untuk memprotes korupsi, pengangguran, dan layanan publik yang buruk di negara yang telah berperang selama hampir 40 tahun (sejak Saddam Hussein berkuasa) dan baru sekarang hidup kembali. mengikuti kekalahan kelompok Negara Islam (Daesh).

Dilansir Asianews, dalam dua hari terakhir, meski ada pemadaman internet dan jam malam, ribuan orang bentrok dengan pasukan keamanan.

Meskipun sebagian besar protes spontan, terutama di Baghdad, pengamat mencatat pengaruh Moqtada al-Sadr, pemimpin Syiah yang ambisius, yang telah meminta Perdana Menteri Adel Abdel Mahdi untuk mundur.

Mahdi, yang telah memimpin negara itu selama dua tahun terakhir, mencabut jam malam pagi ini di Baghdad, tetapi bukan pemadaman internet. Polisi anti huru hara tetap siaga tinggi.

Kemarin, Ahmad as-Safi, perwakilan Grand Ayatollah al Sistani, ulama Syiah terpenting di negara itu, berbicara di sebuah masjid di Kerbala.

Dia mendesak pemerintah untuk “meningkatkan layanan publik, mencari pekerjaan untuk para penganggur, menghindari klientelisme, dan mengakhiri korupsi”.

As-Safi melanjutkan untuk memperingatkan bahwa bahkan jika protes tenang, “mereka dapat melanjutkan dengan kekuatan yang lebih besar dan dengan lebih banyak orang” jika tuntutan pengunjuk rasa tidak terpenuhi.

TAGS : Demo Baghdad Korban Tewas

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/60399/Korban-Tewas-Demo-Baghdad-Capai-100-Orang/

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of