Langkah Segar Kumala Pacu Kinerja Usaha di Tengah Ancaman Resesi

JawaPos.com – PT Segar Kumala Indonesia Tbk (BUAH) optimistis mampu membukukan kenaikan pendapatan hingga 40 persen memasuki Kuartal IV/2022 di tengah ancaman tekanan perekonomian tahun ini.

Direktur Utama BUAH Renny Lauren mengungkapkan Perseroan masih akan tetap melanjutkan aksi korporasi dengan melakukan pembukaan cabang baru di Palu, Sulawesi Tengah. Perseroan pun melihat tren pertumbuhan kinerja masih akan dapat berlangsung hingga tahun depan.

“Kita optimistis dapat mencapai target penjualan di sepanjang tahun ini. Keyakinan tersebut didukung rencana pembukaan cabang yang dapat menjadi pendongkrak omzet kami di masa mendatang,” kata Renny dalam keterangannya, Kamis (1/12).

Renny mengungkapkan bahwa konsumsi masyarakat terhadap produk buah-buahan masih terus meningkat dan masyarakat yang peduli terhadap gaya hidup sehat terus meningkat.

Direktur BUAH Toni Soegiarto menambahkan Perseroan tentunya tetap mempertimbangkan berbagai kemungkinan pada Kuartal IV/2022 ini. Isu resesi, menurunnya daya beli masyarakat, kenaikan harga pembelian, dan hal lain yang tentunya akan dan bahkan sedang Perseroan hadapi.

“Manajemen tentunya menyusun skema dan strategi agar tetap dapat mencapai target BUAH kedepannya,” ujarnya.

Toni mengatakan saat ini secara kinerja kendati pendapatan Perseroan terus bertumbuh tetapi memang belum dapat mengerek laba secara maksimal. Hal itu disebabkan karena BUAH masih mempertahankan harga jual meski secara HPP mengalami kenaikan.

“Kenaikan biaya pembelian tentunya mempengaruhi harga modal produk kami, akan tetapi kami masih belum menaikkan harga jual, mengingat kami perlu mengimbangi daya beli masyarakat yang menurun akibat kenaikan harga BBM dan harga pokok lainnya,” kata Toni.

Sebelumnya, secara keseluruhan kinerja Perseroan hingga Kuartal III/2022 telah membukukan pendapatan Rp 943 miliar atau tumbuh 35,68% (yoy), dengan laba bersih sebesar Rp 20 miliar, turun 21,24% dibandingkan laba bersih di periode yang sama tahun lalu.

Adapun saat ini BUAH telah memiliki 11 kantor cabang dan cold storage di berbagai wilayah di Indonesia, disusul oleh cabang Palu menjadi 12 cabang nantinya.

Editor : Mohamad Nur Asikin


Credit: Source link