Layani Nasabah di Penghujung Tahun, Bank Kalsel Siapkan Rp 1,4 Triliun

JawaPos.com – Pemerintah telah menyusun jadwal libur Natal dan Tahun Baru 2022 dimana meniadakan cuti bersama. Pemerintah pun menghimbau masyarakat agar tidak mudik sebagai upaya pencegahan penularan virus Covid-19. Kendati demikian, berbagai aktivitas masyarakat selama libur akhir tahun tentunya berimbas pada meningkatnya kebutuhan uang tunai.

Bank Kalsel sebagai entitas bisnis yang mengedepankan pelayanan prima, tentunya telah mempersiapkan berbagai kebutuhan perbankan khususnya dalam menghadapi periode akhir tahun tersebut. Bank Kalsel telah memproyeksikan dana keluar yang diperlukan masyarakat sejak tanggal 24 Desember hingga 31 Desember 2021 sebesar sekitar Rp1,4 triliun.

Dijabarkan secara rinci, dana yang diperlukan antara lain untuk pembayaran pajak nasabah, pembayaran dana SP2D (Surat Perintah Pencairan Dana) seperti termijn proyek, sertifikasi guru dan dana desa, pencairan kredit, cover pengiriman uang antar bank (BI RTGS dan SKN-BI), cover pembayaran gaji Aparatur Sipil Negara (ASN) bulan Januari 2022 dan tentunya kebutuhan penarikan uang tunai nasabah dan termasuk persiapan fisik kas ATM di seluruh kantor cabang Bank Kalsel.

Bank Kalsel memberlakukan jam operasional layanan kantor pada Jumat, 31 Desember 2021 tetap berlaku seperti biasa, namun diatur dengan beberapa batasan, seperti transaksi penarikan tunai ditiadakan, transaksi setoran tunai dan pemindahbukuan antar rekening Bank Kalsel dibatasi sampai dengan pukul 15. 00 WITA (14.00 WIB untuk Kantor Cabang Jakarta), penerimaan Layanan Setoran Negara (pajak) diberikan waktu hingga pukul 17.00 WITA untuk kantor cabang dan pukul 15.00 WITA untuk kantor cabang pembantu.

Selain itu, penerimaan dan penyelesaian transaksi BI RTGS dan SKN-BI sampai dengan pukul 15.00 WITA atau 14.00 WIB. Atas hal ini, Bank Indonesia tetap membuka layanan sampai dengan tanggal
31 Desember 2021, serta untuk pembayaran angsuran kredit, dapat dilakukan sesuai jam layanan yang berlaku saat ini.

Bank Kalsel juga memitigasi gangguan layanan pada mesin ATM (anjungan tunai mandiri) sebagai upaya optimalisasi layanan menjelang tahun baru seperti memonitoring mesin ATM secara realtime untuk memastikan ketersediaan uang serta layanan ATM beroperasi dengan lancar, melakukan pemantauan dan pengawasan untuk memastikan tidak adanya penggunaan alat skimming yang terpasang pada mesin ATM, melakukan pengawasan pada lokasi – lokasi mesin ATM untuk meminimalisir tindak kriminalitas, layanan Call Center Bank Kalsel selama 24 jam serta layanan informasi, keluhan dan klaim layanan ATM Bank Kalsel.

Editor : Mohamad Nur Asikin


Credit: Source link