Lebih 50 persen mobil baru di AS dilaporkan menjadi listrik pada 2030

Jakarta (ANTARA) – Lebih dari 50 persen mobil penumpang baru yang dijual di Amerika Serikat pada 2030 berupa kendaraan listrik, demikian klaim sebuah laporan oleh BloombergNEF, seperti disiarkan Hindustan Times pada Senin (3/10) waktu setempat.

Laporan tersebut mengklaim bahwa penetrasi kendaraan listrik dalam penjualan kendaraan baru bisa tumbuh hingga 52 persen.

Laporan tersebut juga mengklaim bahwa penjualan kendaraan listrik diperkirakan mencapai 43 persen dari penjualan mobil baru di negara tersebut pada tahun 2030, berkat ketersediaan pilihan yang lebih besar di pasar kendaraan listrik baru dan meningkatnya penerimaan konsumen terhadap mobil listrik.

Baca juga: Ioniq 5 dinobatkan salah satu dari 10 sistem mesin terbaik di Wards

Namun, dengan pemerintah AS yang semakin menekankan pada kendaraan listrik, penjualan kemungkinan akan tumbuh lebih cepat.

Analis menyatakan bahwa insentif seperti kredit pajak baru untuk pembeli kendaraan listrik di AS akan membantu pasar kendaraan listrik negara itu meledak dalam beberapa tahun ke depan.

Laporan tersebut menyatakan bahwa setengah dari kendaraan energi baru ini akan menjadi kendaraan listrik, model hybrid plug-in atau bertenaga sel bahan bakar pada akhir dekade ini.

Laporan itu juga menyatakan bahwa laju adopsi kendaraan listrik akan membutuhkan waktu untuk meningkat, mengingat bantuan penuh 7.500 dollar AS hanya terbuka untuk kendaraan yang dibangun di Amerika Utara, dan ada juga pembatasan di mana baterai bersumber.

Namun, banyak pembuat mobil diharapkan bangkit untuk memenuhi tantangan tersebut, yang akan meningkatkan jumlah mobil yang memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan keuangan, membuat kendaraan listrik lebih terjangkau.

Laporan tersebut menunjukkan bahwa begitu kendaraan listrik mulai mengambil angka, mereka diperkirakan akan tumbuh secara besar-besaran saat mendekati pertengahan dekade berikutnya dengan bantuan undang-undang yang melarang mobil pembakaran di banyak negara bagian.

California telah mengeluarkan undang-undang yang menuntut semua mobil baru yang dijual di sana pada tahun 2035 tidak menghasilkan emisi knalpot, dan banyak negara bagian lain diharapkan mengikuti jejak California. New York juga telah mengusulkan aturan serupa.

Baca juga: GM tingkatkan produksi Chevrolet Bolt EV

Baca juga: Kia akan luncurkan model EV6 GT listrik

Baca juga: BRIN berupaya kuasai teknologi kunci baterai kendaraan listrik

Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022

Credit: Source link